ANALISIS HAMBATAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH OLEH GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 41 AMPENAN

Penulis

Lensi Dwi Septina , Khairunnisa , Siti Istiningsih

DOI:

10.29303/pendas.v1i2.63

Diterbitkan:

2020-12-20

Terbitan:

Vol 1 No 2 (2020): Desember 2020

Kata Kunci:

Analysis, Distance Learning, Covid-19

Articles

Cara Mengutip

Dwi Septina, L., Khairunnisa, & Siti Istiningsih. (2020). ANALISIS HAMBATAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH OLEH GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 41 AMPENAN. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 1(2), 85–89. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.63

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh serta strategi yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SDN 41 Ampenan dengan jumlah 9 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah Interactive Analysis Model. Hasil penelitian menunjukan terdapat dua hambatan dalam pelaksaan pembelajaran jarak jauh yaitu kurangnya dukungan serta pengetahuan orangtua dalam pelaksanaan jarak jauh dan kurangnya kemampuan guru melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara daring.

Referensi

Aqib Zainal, 2018. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Penerbit Yrama Widya.
Daryanto dan Tasrial. 2012. Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta : Penerbit Gava Media.
Daryanto dan Moijo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Penerbit Gara Media.
Moleong, Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2018 Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Prawiradilaga S. Dewi, dkk. 2016. Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning. Jakarta : Kencana
Sagal Syaiful. 2018. Pendekatan dan Model Kepemimpinan. Jakarta : Prenamedia Group.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : ALFABETA
Susanto Ahmad, 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.
Satori Djam’an dan Kamariah Aan. 2012. Metododlogi Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA CV.
Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran CVID-19.

Biografi Penulis

Lensi Dwi Septina, Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram

Khairunnisa, Prodi PGSD FKIP Universitas Mataram

Siti Istiningsih, Prodi PGSD FKIP Universitas Mataram