KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT NABI IBRAHIM
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v6i1.5913Kata Kunci:
Pendidikan, Karakter, Nabi IbrahimAbstrak
Berbagai permasalahan karakter bangsa Indonesia hingga saat ini masih sangat memprihatinkan. Beragam fakta karakter negative telah nyata dipertontonkan oleh masyarakat Indonesia dengan dalih tertentu yang seolah-olah benar untuk dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tafsir maudhu’i/tematik. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Di dalam pribadi Nabi Ibrâhîm as, mengandung karakter manusia yang sempurna, yang diabadikan dalam AlQur’ân. Di antaranya adalah Nabi Ibrâhîm as sebagai ummah, qânit, hanîf, halîm, awâh, munîb, ikhlas, sabar, sebagaimana akan dibahas pada babnya nanti. Pada intinya bahwa karakter yang dimiliki Nabi Ibrâhîm as merupakan karakter yang wajib dicontoh dalam kehidupan, khususnya oleh para pemimpin bangsa ini dan masyarakat pada umumnya.Referensi
Al-Qur’ân Al-Karîm
A. Hanafi, Segi-Segi Kesusastraan Pada Kisah-Kisah al-Qur’an (Jakarta: Pustaka Al-Husna 1984)
Anggi Fitri, Pendidikan Karakter Perspektif al-Qur’an Hadits, TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol. 1 No 2 Juli 2018
Ath-Thabari, Abû Ja‟far Muhammad bin Jarîr, Jâmi’ al-Bayân fî Tafsîr Ayi Al-Qur’ân, Beirut: Dâr al-Fikr , 1988.
Az-Zuhaili, Wahbah, At-Tafsir al-Munîr, Beirut: Dâr al-Fikr, cet. II, 1426 H/2005 M.
Husaini, Adian, Pendidikan Islam Membentuk Manusia Berkarakter & Beradab, Jakarta: Cakrawala Publishing & Adabi Press, cet. I, 1433 H/2012 M
Irham Nugroho, Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Kisah-Kisah yang terkandung Ayat al-Qur’an, Jurnal Uhamka Volume 9 No. 1, Mei 2017
Kesuma, Dharma, dkk, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, cet. 1, 2011. Muhajir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Arasin, 1996.
Oton Surasman, Bercerrmn Pada Nabi Ibrahim, (Jakarta: Perspektif 2016)
Samani, Muchlis dan Hariyanto, M.S, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, cet. 1. 2011.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Fauzan Azhima, Silahuddin Silahuddin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.