PENDEKATAN UNDERSTANDING BY DESIGN SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Penulis

Sariyanti Sariyanti , Dwi Indarwati , Indra Darmawan

DOI:

10.29303/pendas.v5i2.5391

Diterbitkan:

2024-12-01

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2024): Desember 2024

Kata Kunci:

Understanding by Design, development strategy, quality of learning

Articles

Cara Mengutip

Sariyanti, S., Indarwati, D., & Darmawan, I. (2024). PENDEKATAN UNDERSTANDING BY DESIGN SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 5(2), 57–63. https://doi.org/10.29303/pendas.v5i2.5391

Abstrak

Artikel ini membahas tentang pendekatan Understanding by Design (UbD) yang berfokus pada rancangan pembelajaran dengan memulai dari tujuan yang diharapkan, kemudian menentukan evaluasi, dan merencanakan langkah-langkah pembelajaran. Pendekatan ini dikenal dengan Backward Design, yang berbeda dari desain pembelajaran yang lain yang biasanya menempatkan penilaian di akhir pembelajaran. UbD terdiri dari 3 tahapan utama 1) mengidentifikasi hasil yang diinginkan 2) menentukan bukti penilaian yang dapat diterima 3) merencanakan pengalaman dan instruksi pembelajaran. Tahap pertama perumusan tujuan pembelajaran berdasarkan kebutuhan peserta didik. Pada tahap kedua asesmen dirancang untuk menyesuaikan dengan tujuan pembelajaran, menyediakan umpan balik yang penting bagi peserta didik dan guru. Tahap ketiga melibatkan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang efektif, dengan guru berperan penting dalam menciptakan pengalaman belajar yang menarik. Implementasi UbD dalam kurikulum merdeka menunjukkan bahwa pendekatan ini mendukung kualitas pembelajaran karena berpusat berpusat pada peserta didik, meningkatkan keterlibatan dan motivasi, serta memfasilitasi pembelajaran yang lebih terarah. Artikel ini bertujuan untuk memberikan panduan dan referensi bagi guru dalam menerapkan pendekatan UbD dalam proses pembelajaran sehingga dapat memajukan pendidikan di Indonesia menjadi lebih maju.

Referensi

Alfiya. (2018). Implementasi Metode Pembelajaran Understanding by Design di Sekolah Alam Depok by Design (UbD) Model On 8 th-Grade Students Achievemen in Science. Ministry of Education, United Arab of Emirates (UAE), 3 (2017). Terhadap Kesadaran Mentaduburri Ayat-Ayat Alquran. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 1, 19-28

Anggina Resa. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Berdasarkan Pendekatan Understanding By Design. Jurnal Primary, 4 (1), ISSN 2807-2278.

Creswell, J. W. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage Publications.

Gloria, R. Y., & Sudarmin. (2018). Kontribusi Asesmen Formatif dalam Tahapan Understanding by Design Terhadap Pemahaman Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Bioedukatika, 6, 67-73

Jusmawati, Satriawati, Irman R, Abdul R., Nurdin A. (2021). Model-model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Penerbit Samudra Biru.

Lestari, D. A. (2018). Pengaruh Kurikulum Terintegrasi terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(3), 45-56.

Mizan, N. A., Anisya H. D., Sarah Y., Octavia C.,Sauda J. M. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Pendidikan Edumaspul, 6 (1), 974-980.

Rinaldi, A. (2020). Penerapan Pendekatan Understanding by Design dalam Pembelajaran di Sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 12 (2), 123-135.

Sujiono, H. (2022). Analisis Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar dan Peran Pendekatan Understanding by Design. Jurnal Pendidikan Indonesia, 19(2), 210-224.

Suryadi. (2018). Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar Melalui Penerapan Pendekatan Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan Dasar, 7 (2), 78-89.

Suyanto, & Sudjana, A. (2020). Kualitas Pembelajaran di Sekolah: Perspektif dan Implementasi. Jurnal Pendidikan, 11(1), 23-34.

Trianto, J. (2018). Model-model Pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7 (1), 45-56.

Wiggins, G., & McTighe, J. (2005). Understanding by Design (2e). Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD)

Yulianto, M., & Anisa, I. (2019). Pengaruh implementasi Kurikulum terhadap Kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15 (2), 89-102.

Yurtseven, N., & Altun, S. (2016). Understanding by Design (UbD) in EEL Teaching The Investigation of Student Foreign Languange Learning Motivation and View. Journal Yildiz Tecnical University, Istanbul, 4.

Biografi Penulis

Sariyanti Sariyanti, Universitas Sanata Dharma

Dwi Indarwati, Universitas Sanata Dharma

Indra Darmawan, Universitas Sanata Dharma

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Sariyanti Sariyanti, Dwi Indarwati, Indra Darmawan

Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.