MEMBANGUN PEMAHAMAN YANG MENDALAM DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PRINSIP UNDERSTANDING BY DESIGN (UBD)

Penulis

  • Avelina Ova Namus a:1:{s:5:"en_US";s:40:"PPG Prajabatan Universitas Sanata Dharma";}
  • Atika Salma Choirunnisa PPG Prajabatan Universitas Sanata Dharma
  • Annisa Nur Hidayati PPG Prajabatan Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v5i2.5236

Kata Kunci:

Understanding by Design, Backward Design, Pembelajaran UbD

Abstrak

Dalam merancang sebuah pembelajaran yang pertama kali disusun ialah menyusun tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, lalu melakukan evaluasi pembelajaran. Namun, dalam kenyataannya ketika seorang guru membuat tujuan pembelajaran, terkadang guru hanya fokus mengajarkan seluruh materi tanpa meninjau kembali materi mana yang akan dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran lebih dalam lagi bagi pembaca terkait perancangan pembelajaran dengan menerapkan prinsip Understanding by Design (UbD). Penelitian ini adalah studi kepustakaan yang mengulas pembelajaran berdasarkan prinsip Understanding by Design (UbD) atau Backward Design. Berbagai sumber seperti artikel, jurnal, dan dokumen digunakan dalam penelitian ini. Fokus literatur ini adalah pada pembelajaran dengan prinsip UbD dapat dilaksanakan dengan mengidentifikasi hasil yang diinginkan, bukti evaluasi, dan rencana pembelajaran. Hasil pembelajaran dengan prinsip UbD dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuan, memiliki sudut pandang yang empati, keterampilan berpikir kritis, dan memiliki kesadaran diri yang baik. Dalam kerangka UbD, guru bertindak sebagai perancang pembelajaran dengan menganalisis kompetensi dasar serta menetapkan indikator ketercapaian sesuai dengan karakteristik kompetensi dasar tersebut.

Referensi

Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Surata, I. K. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Terintegrasi Konsep Understanding By Design (Ubd) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sma Pada Pembelajaran Biologi. Widyadari: Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 25(1): 157-172.
Alfiyah, A. (2018). Implementasi Metode Pembelajaran Understanding by Design di Sekolah Alam Depok Terhadap Kesadaran Mentadabburi Ayat-Ayat Al-Qur’an. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 1, 19-28.
Anisah, G. (2021). Kerangka Konsep Assessment of Learning, Assessment for Learning, dan Assessment as Learning Serta Penerapannya Pada Pembelajaran. Al-aufa: jurnal pendidikan dan kajian keislaman, 3(2).
Azizah, A. (2017). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling naratif, Doctoral dissertation : State University of Surabaya.
Barokah, M. (2020). Manajemen Penilaian Sumatif Pada Ranah Kognitif Pembelajaran PAI Kelas X Semester Ganjil Di SMA Negeri 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2017/2018. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 159-179.
Bowen, R. S. (2017). Understanding by design. Vanderbilt University Center for Teaching.
Fatmawati, W. (2023). Understanding By Design Berbasis Pbl Berdiferensiasi Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Polinomial. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1 (2), 1599-1608.
Maskur, A. (2018). Pembelajaran Tahfidz Alquran pada Anak Usia Dini. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 188-198.
Mendrofa, W. M., & Laia, G. P. (2022). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biostatistik. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 1(3), 373-384.
Nurjanah, S., Mulyasari, E., & Rahman, G. A. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Pembelajaran STEM Menggunakan Rancangan Understanding By Design (Ubd) Di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 538-548.
Nurlitasari, A., & Hamami, T. (2023). Assessment as, for, of Learning Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Menengah Atas. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 23(2).
Pertiwi, S., Sudjito, D. N., & Rondonuwu, F. S. (2019). Perancangan Pembelajaran Fisika tentang Rangkaian Seri dan Paralel untuk Resistor Menggunakan Understanding by Design (UbD). Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 2(1), 1-7.
Pradan Joshi. (2021). Evaluation of the Implementation of Understanding by Design Proce. Culminating Projects in Education Administration and Leadership, 82(3).
Ramatni, A., Anjely, F., Cahyono, D., Rambe, S., & Shobri, M. (2023). Proses Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif. Journal on Education, 5(4), 15729-15743.
Serma Adi, N. N., Nyoman Oka, D., & Surata, I. K. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching At the Right Level (Tarl) Terintegrasi Konsep Understanding By Design (Ubd) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sma Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran: Cendekia, 25(1), 157–172.
Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., & Bestary, R. (2018). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills: Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Setiyawati, N., Milianti, M., Septiani, U. R., & Titin, T. (2023). Analisis Pengembangan Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan Ubd. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(3), 170-174.
Siregar, C. B., Derlina, D., & Juliani, R. (2022). Development of Design and Implementation of Hybrid Learning About Vibration and Waves Using Understanding by Design (UbD) Approach. Proceedings of the 7th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership, AISTEEL 2022, 20 September 2022 : Medan.
Sukendra, I. K., & Yuliastini, N. K. S. (2019). Analisis Tingkat Pendidikan Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Hasil Belajar Matematika. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 20(2), 78–89.
Taiyabi, F. (2021). Understanding by Design (UbD)“Curriculum Innovation and Instructional Development.”. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 15(4), 1142-1152.

Diterbitkan

2024-12-01

Cara Mengutip

Namus, A. O., Choirunnisa, A. S., & Hidayati, A. N. (2024). MEMBANGUN PEMAHAMAN YANG MENDALAM DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PRINSIP UNDERSTANDING BY DESIGN (UBD). JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 5(2), 83–92. https://doi.org/10.29303/pendas.v5i2.5236

Terbitan

Bagian

Articles