PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ISPRING SUITE MATERI KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKU KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v5i1.4720Kata Kunci:
Multimedia interaktif, ispring suites, IPA SDAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Ispring Suite yang valid dan efektif pada materi ipa, tema 3 peduli terhadap makhluk hidup, subtema 2 keberagaman makhluk hidup di lingkunganku, pembelajaran 1, kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian dengan model borg & gall yang terdiri tahap pencarian dan pengumpulan data, perencanaan, mengembangkan dan bentuk awal produk, validasi desain, revisi produk, uji coba kelompok kecil, revisi produk, uji coba kelompok besar, akhir produk valid & efektif. penelitian ini dilaksanakan di kelas IV sekolah dasar. Data validasi dan angket di analisis secara deskriptif kualitatif Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, angket respon peserta didik dan guru serta tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran yang dikembangkan telah teruji valid oleh ahli materi dengan presentase kevalidan 66%, ahli media dengan presentase 68%, dan ahli bahasa dengan presentase 80%. Selanjutnya media pembelajaran juga efektif digunakan oleh peserta didik dengan ketuntasan tes hasil belajar dengan presentase 100%. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan telah layak digunakan pada pembelajaran tematik.Referensi
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar di PGSD UPP Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan 31(2)
Arifin, Y., dkk. (2015). Digital Multimedia. JakartaBarat : PT Widia Inovasi Nusantara.
Asih, Y. G., Widhiastuti, H., Dewi, R. (2018). Stres kerja. Semarang: Semarang University Press.
Efendi, Y., & Widodo, A. (2019). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Tes Shooting Sepak Bola Pada Pemain Tim Persiwu Fc Jatiyoso. Jurnal Kesehatan Olahraga.
Erlinawati, E., & Muslimah. (2021). Test Validity and Reliability in Learning Evaluation. Bulletin of Community Engagement, 1(1)
Mutrikoh, dkk. (2020). Pengembangan Multimedia Power Point Berbasis Ispring 8 pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(4)
Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2)
Nurmadiah. (2016). Media Pendidikan. Jurnal Islam & Peradaban, 5(1)
Pritakinanthi, A. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Ispring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VIII SMP Negeri 37 Semarang.
Rosy, B. (2013). School Based Management ; Keefektifan Kurikulum Pembelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 3 Madiun. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3 Nomor 1.
Sudjana,Nana. Dan Achmad Rifa’i. 2017. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, Cet. Ke 18.
Sugiyono. (2016). Metode Peneletian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, Cetakan ke-23.
Warsita, Bambang. (2008) Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya, Jakarta: Rineka.
Winarni, Endang Widi. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara