PERAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN POLITIK SISWA SMP ASWAJA SYAMSUL FALAH

Penulis

  • An Umillah Maziidah Putri Universitas Mataram
  • M. Tahir Universitas Mataram
  • Muh. Irfan Hanafi Universitas Mataram
  • Muhammad Zikro Universitas Mataram
  • Muh. Mustari Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v6i1.3482

Kata Kunci:

peran sekolah, kesadaran politik, siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran sekolah dalam menumbuhkan kesadaran politik siswa pada SMP Islam Aswaja Syamsul Falah dan Hambatan yang dihadapi oleh sekolah dalam menumbuhkan kesadaran politik siswa pada SMP Islam Aswaja Syamsul Falah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tipe deskriptif dengan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini sebanyak 11 orang yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah sekaligus sebagai guru pendidikan kewarganegaraan, guru pembina OSIS, ketua OSIS, wakil ketua OSIS dan 3 siswa kelas VIII serta 3 IX SMP Islam Aswaja Syamsul Falah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran sekolah dalam menumbuhkan kesadaran politik siswa pada SMP Islam Aswaja Syamsul Falah yaitu: a) sekolah sebagai wadah untuk memupuk partisipasi politik siswa melalui kegiatan pemilihan ketua OSIS, b) sekolah sebagai wadah untuk membentuk kader pemimpin melalui Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), c) sekolah sebagai wadah untuk memberi bekal pengetahuan politik kepada siswa melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). 2) Hambatan yang dihadapi oleh sekolah dalam menumbuhkan kesadaran politik siswa pada SMP Islam Aswaja Syamsul Falah adalah siswa itu sendiri yakni adanya sikap siswa yang: a) malas, b) menganggap kegiatan pemilihan ketua OSIS dan LDK tidak berguna bagi mereka dan sebaliknya malah menyita waktu mereka, c) kurangnya minat siswa terhadap materi pelajaran PKn, dan d) kurangnya rasa ingin tahu siswa..Keywords: Peran Sekolah, Kesadaran Politik, Siswa

Referensi

Damsar. (2015). Pengantar Teori Sosiologi. Jakarta: Prenadamedia

Fajar, W. N. (2014). Pelaksanaan Pendidikan Politik Di Sekolah Dalam Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa. Khazanah Pendidikan, 6(2).

Fatwa, Ayuni Nur. (2016). Pengaruh Kesadaran Politik Terhadap Pertisipasi Politik Masyarakat dalam Pemilihan Bupati Tahun 2013 di Desa Sesulu Kabupaten Penajam Paser Utara. eJournal Ilmu Pemerintahan. 4 (4), p.1615-1626.

Mulyadi, Y. B., & Anyan, A. (2019). Pendidikan Politik Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 33-38.

Permatasari, Vety Ika dan Adi, Agus Satmoko. (2015). Kesadaran Politik Guru PPKn di Kabupaten Jombang. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 01 (03), p.180-194.

Prayugo, A., & Prayitno, R. B. P. (2022). Pendidikan Politik Sebagai Proses Belajar Membentuk Kesadaran Politik dan Peran Kewarganegaraan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 427-442.

Rahman, A., & Suharno, S. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Politik Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 282-290.

Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Aditama.

Tamba, Kiki Jaseva. (2016). Peran Guru PKn dalam Membina Kesadaran Politik Siswa di SMA Santo Petrus Medan T.A 2015/2016. Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Tunggal, S. (2023). Membangun Kesadaran Politik Warga Negara Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(1), 11-15.

Tyas, Fitri Sulistiyaning dan Harmanto. (2014). Peran Orang Tua dalam Menanamkan Kesadaran Politik Pada Anaknya Sebagai Pemilih Pemula di Kelurahan Tambakrejo Kecamatan Simokerto Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 01 (03), p.273-289.

Wahyuningsih, Eka. (2013). Konstruksi Pendidikan Politik Pada Sekolah Menengah Atas di Kota Pangkalpinang: Studi Kasus dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Pangkalpinang dan SMA Depati Amir Pangkalpinang. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-04

Cara Mengutip

Putri, A. U. M., Tahir, M., Hanafi, M. I., Zikro, M., & Mustari, M. (2025). PERAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN POLITIK SISWA SMP ASWAJA SYAMSUL FALAH. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 6(1), 46–51. https://doi.org/10.29303/pendas.v6i1.3482

Terbitan

Bagian

Articles