PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.3164Kata Kunci:
Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, IPA, Project Based LearningAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berbasis Project Based Learning. Desain penelitian ini adalah penelitian Pengembangan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar. Model penelitian yang digunakan adalah 4D dengan empat tahapan penelitian pengembangan yaitu Define, Design, Development, dan Dissemination. Namun dalam pelaksanaan penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap development. pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis project based learning menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar kerja peserta didik, dan Modul pembelajaran project based learning yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan pada siswa di Sekolah Dasar. Presentase yang didapat dari masing-masing perangkat yaitu RPP dengan presentase 95%, LKPD dengan presentase 97%, dan Modul 97% sehingga didapatkan rata-rata 96% dengan kategori valid. Perangkat pembelajaran IPA berbasis project based learning sangat efektif digunakan untuk siswa di Sekolah Dasar dibuktikan dengan uji coba terbatas dan uji coba lapangan yang dilakukan untuk mengukur respon siswa terhadap penggunaan perangkat pembelajaran IPA berbasis project based learning. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Perangkat pembelajaran project based learning mata pelajaran IPA yang dikembangkan sudah valid untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran pada proses pembelajaran siswa di Sekolah Dasar.Referensi
Abidin, Yunus. (2018). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Asapari, M. Mugni. (2020). Desain Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kontekstual Model Pengembangan Borg & Gall (Teori, Konsep, Teknik, Dan Implementasinya). Mataram: Sanabil.
Baidowi, Arif, Sumarmi, and Achmad Amirudin. (2015). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA.†Jurnal Pendidikan Geografi 20(1):48–58. doi: 10.17977/um017v20i12015p048.
Hartini, Ayu. (2017). “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASARSekolah Dasar.†ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 1(2a):6–16.
Khair, B. N., Astria, F. P., Wardani, K. S. K., Nurwahidah, N., Sriwarthini, N. L. P. N., & Rahmatih, A. N. (2021). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN KIT IPA DI SD NEGERI 34 CAKRANEGARA. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 1(1), 14 - 19. https://doi.org/10.29303/interaktif.v1i1.3.
Kristanti, Yulita Dyah, Subiki, and Rifati Dina Handayani. (2016). “Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Fisika Disma.†Jurnal Pembelajaran Fisika 5(2):122–28.
Kusumaningrum, Sih, and Djukri Djukri. (2016). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Kreativitas.†Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 2(2):241. doi: 10.21831/jipi.v2i2.5557.
MZ, A. S. A., Aprillya, M. R., & Bianto, M. A. (2022). “Science Augmented Reality Program Media for Elementary School Students.†JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 11(3). doi: https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.41378.
MZ, A. S. A., Mudayan, A., Mubarok, M. S., & Dewantari, S. M. (2022). “GRANDPARENTING PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MASA PANDEMI COVID-19.†VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 13(1):114–24. doi: https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1546.
MZ, A. .. Suryaning Ati, Rusijono, and Suryanti. (2021). “Pengembangan Dan Validasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 5(4):2685–90.
Purnomo, Halim, and Yunahar Ilyas. (2019). Tutorial Pembelajaran.
Ramadhani, Sulistyani Puteri. (2019). Konsep Dasar IPA. Depok: Yayasan Yiesa Rich.
Ramadaniyanti, D. P., & Setyawan, A. (2022). PERAN PENTING PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MATERI PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS 5 SEKOLAH DASAR . Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 3(2), 121-127. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i2.1294
Syamsu, Azhari, Ganefri Ganefri, Refdinal Refdinal, and Aswardi Aswardi. (2022). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Produktif Kreatif Dan Kewirausahaan Di Sekolah Menengah Kejuruan.†JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 7(3):399. doi: 10.29210/30031992000.
Tascı, Burcu Gulay. (2015). “Project Based Learning from Elementary School to College, Tool: Architecture.†Procedia - Social and Behavioral Sciences 186:770–75. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.04.130.