ANALISISA MINAT BELAJAR SISWA KELAS 6 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MUHAMMADIYAH 1 SUKODADI
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.3157Kata Kunci:
minat, pembelajaaran, Bahasa IndonesiaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sampel penelitian ini ialah 31 siswa kelas VI di MI Muhammadiyah 1 Sukodadi. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data motivasi siswa diperoleh menggunakan lembar angket. Sedangkan untuk mendukung data penelitian dilakukan dengan wawancara dan observasi keadaan kelas. Analisis data dilakukan menggunakan kualitatif deskriptif. Angket yang digunakan adalah Angket tertutup ini responden hanya bisa menjawab dengan pilihan jawaban yang telah disediakan oleh peneliti. Responden tidak bisa memberikan jawaban atau respon lain kecuali yang telah tersedia sebagai alternatif jawaban. Hasil dalam penelitian ini untuk indikator pertama mendapat skor teringgi sebanyak 115 dengan presentase 92%, sedangkan untuk indikaor kedua mendapat skor tertinggi sebanyak 87 dengan presentase 70%. Terdapat 5 kriteria untuk melihat presentase siswa yang berminat dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu : Sangat Baik, Baik, Cukup Baik, Kurang Baik, dan Tidak Baik.Referensi
Apriatin, F., Ermiana, I., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iii Sdn Gugus 04 Kecamatan Pujut. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 77-84.
Fuad, Z. Al, & Zuraini. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas I SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 45–54.
Fuad, Zaki Al., & Zuraini. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA KELAS I SDN 7 KUTE PANANG. Jurnal Tunas Bangsa , 3(2), 42-54. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/625.
Kustyamegasari, A., & Setyawan, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Muatan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 3 Sdn Banyuajuh 6 Kamal. Prosiding …, 582–589. Https://Prosiding.Ikippgribojonegoro.Ac.Id/Index.Php/Prosiding/Article/View/1098
Marti’in. (2019). Analisis Tentang Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 5 Pontianak. Universitas Tanjungpura , 1–8.
Marti’in., Wicaksono, L., & Purwanti, P. (2019). Analisis Tentang Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 5 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(7), 425-436.
Mustadi. A., Hermansyah, A. K., …, & Purnamasari, R. D. (2023). Capaian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD serta Strategi Implementasinya. Yogyakarta : UNY Press.
Setiani, Ani & Priansa, Donni Juni . (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model. Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Solehah, N. N., Saputra, H. H., & Setiwan, H. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 20 Ampenan pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 229-235.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakrta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widyaningrum. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP NEGERI 5 Metro. Jurnal Iqra. 1 (2). p.166-190.