PENGARUH METODE PERCOBAAN TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR KECAMATAN CAKRANEGARA
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.2330Kata Kunci:
literasi sains, metode percobaan, hasil belajar kognitifAbstrak
Hasil PISA 2018 dan observasi, kemampuan literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode percobaan terhadap literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan non-equivalent control group design dengan jenis eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 3 kelas V sekolah dasar wilayah Cakranegara. Data yang dikumpulkan adalah tes dan angket yang diisi oleh siswa. Data dianalisis menggunakan independent sample t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, kemampuan literasi sains siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode percobaan secara signifikan lebih berpengaruh daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah (thitung = 8,926; p < 0,05). Kedua hasil belajar kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode percobaan secara signifikan lebih berpengaruh daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah (thitung = 4,435; p < 0,05). Ketiga, kemampuan literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode percobaan secara signifikan lebih berpengaruh daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah (F = 42,375; p < 0,05). Kesimpulan bahwa metode percobaan dapat diterapkan oleh guru menjadi salah satu metode yang memberi pengaruh positif terhadap kemajuan kemampuan literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPA.Referensi
Adiwiguna, P. S., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berorientasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Siswa Kelas V Sd Di Gugus I Gusti Ketut Pudja. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 94–103.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning teaching and assessing: a revision of Bloom`s taxonomy of educational objetives. In Journal of the American Statistical Association. Logman. https://doi.org/10.2307/2281462
Anjarsari, P. (2014). Literasi Sains Dalam Kurikulum Dan Pembelajaran Ipa Smp. Prosiding Semnas Pensa VI â€Peran Literasi Sainsâ€, 602–607.
australiaawardsindonesia. (2020). Applications Open for the Building Foundations to Equip Indonesians with 21st Century Skills Short Term Award. In Australiaaward. https://australiaawardsindonesia.org/news/detail/244000038/applications-open-for-thebuilding-foundations-to-equip-indonesians-with-21st-century-skills-short-term-award
Chrysti Suryandari, K., Sajidan, Budi Rahardjo, S., Kun Prasetyo, Z., & Fatimah, S. (2018). Project-based science learning and pre-service teachers’ science literacy skill and creative thinking. Cakrawala Pendidikan, 37(3), 345–355. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.17229
Creswell, J. W. (2014). Research Design. In SAGE.
Gherardini, M. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2).
Gulla, A. N., & Sherman, M. H. (2020). Inquiry-Based Learning Through the Creative Arts for Teachers and Teacher Educators. In Inquiry-Based Learning Through the Creative Arts for Teachers and Teacher Educators. Palgrave Macmillan. https://doi.org/10.1007/978-3-030-57137-5
Hidayah, N., Arifuddin, M., & Mahardika, A. I. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Percobaan. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika Vol, 87(1,2), 149–200.
Hollingsworth, P. (1970). An Experiment With the Impress Method of Teaching Reading.Reading Teacher, 24(2), 112–114.
Lazonder, A. W., & Harmsen, R. (2016). Meta-Analysis of Inquiry-Based Learning: Effects of Guidance. Review of Educational Research, 86(3), 681–718. https://doi.org/10.3102/0034654315627366
Lutfi, Ismail, & Azis, A. A. (2017). Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi Stem Terhadap Literasi Sains , Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Effect of ProjectBased Learning Integrated Stem Against Science Literacy , Creativity and Learning Outcomes On Environmental Pollution. Prosiding Seminar Nasioanal Biologi Dan Pembelajarannya, 189–194.
Meita, L., Furi, I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60–60. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13886
Mustika, Y., & Nurwidaningsih, L. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini terhadap Perkembangan Kognitif Anak di TK Kartika Siwi Pusdikpal Kota Cimahi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 91. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.12
OECD. (2020). PISA 2018 results (Volume IV): Are students smart about money? Vol. IV. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-iv_48ebd1ba-en
Purmini, N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Komponen Kimiawi Penyusun Sel Melalui Metode Percobaan. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 18–24. https://doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4377
Rambonilaza, M., & Dachary-Bernard, J. (2007). Land-use planning and public preferences: What can we learn from choice experiment method? Landscape and Urban Planning, 83(4), 318–326. https://doi.org/10.1016/j.landurbplan.2007.05.013
Reips, U.-D. (2000). The web experiment: advantages, disadvantages, and solutions. Psychology Experiments on the Internet, 1995, 89–117.
Riquelme, J. A., Chavez, M. N., Mondaca-Ruff, D., Bustamante, M., Vicencio, J. M., Quest, A. F. G., & Lavandero, S. (2016). Therapeutic targeting of autophagy in myocardial infarction and heart failure. Expert Review of Cardiovascular Therapy, 14(9), 1007–1019. https://doi.org/10.1080/14779072.2016.1202760
Smith, R. S., & Walker, R. (2010). Studies in Higher Education Can inquiry †based learning strengthen the links between teaching and disciplinary research ? March 2015, 37–41. https://doi.org/10.1080/03075070903315502
Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 252. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.6278
Suduc, A., Bizoi, M., & Gorghiu, G. (2015). Inquiry Based Science Learning in Primary Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 205(May), 474–479. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.09.044
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). Bernie Trilling, Charles Fadel-21st Century Skills_ Learning for Life in Our Times -Jossey-Bass (2009). Journal of Sustainable Development
Education and Research, 2(1), 243. Wang, P., Wu, P., Yu, K., & Lin, Y. (2015). Influence of implementing inquiry-based instruction on science learning motivation and interest : a perspective of comparison. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 1292–1299. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.750
Wijayanto, T., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma. JurnalPembelajaran Fisika, 9(3), 113. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i3.18561
Zaini, M. (2018). Development Of Guided Inquiry Based Learning Devices To Improve Student Learning Outcomes In Science. European Journal of Alternative Education Studies, 2000, 107–117. https://doi.org/10.5281/zenodo.2261027