KORELASI KECEMASAN MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v4i2.2105Kata Kunci:
Kata kunci : Kecemasan Matematika, Kemampuan Menyelesaikan Masalah, Sekolah DasarAbstrak
Matematika merupakan elemen penting dalam kehidupan manusia, dimana hampir setiap asfek kehidupan manusia berhubungan dengan permasalahan yang berhubungan dengan matematika. Adanya kecemasan dalam mengikuti pelajaran matematika akan berdampak bagi peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kecemasan matematika dan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah dan penyebabnya di SDN 029 Cilengkrang Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 6A SDN 029 Cilengkrang Kota Bandung tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kolerasi negatif antara kecemasan dan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika.Referensi
Ainurrofiq, M., & Junaedi, I. (2017). Kecemasan Matematik Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal- Soal Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education Research, Vol 6(2), hal 157-166.
Arem, C. (2010). Conquering Math Anxiety. Canada. Brooks/Cole Cengage Learning.
Artama, Evy Novia Nanda. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains. Vol. 4, No. 1 2020, 34-40
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Cavanagh, R., & Sparrow, L. (2010). Measuring Mathematics Anxiety: Paper 1-Developing a Construct Model. Paper Presented at The AARE Annual Conference Melbourne, 1-11.
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Kelima. Rineka Cipta. Jakarta.
Dinawati, Elvita Novia (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Berpikir Kreatif Peserta didik SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains. Vol. 4, No. 2, 2020, 82-92
Handini, A. (2012). Psikologi Pendidikan. Pontianak. Perpustakaan Nasional.
Ikhsan, Muhamad. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Muhamadiyah Sukabumi Vol. 2 No 1 Juni 2019, 1-6
Mutawah, M. A. (2015). The Influence of Mathematics Anxiety in Middle and High School Students Math Achievement. International Education Studies, Vol. 8(11), pp 239-252.
Puteh, M., & Khalin, S. Z. (February 2016). Mathematics Anxiety and Its Relationship with the Achievement of Secondary Students in Malaysia. International Journal of Social Science and Humanity, 6(2), 119-122.
Riski, Fajar. (2019). Pengaruh Kecemasan Matemaika Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Di SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 02 No.02 Desember 2019, 11-23
Nursilawati. (2010). Hubungan Self-Efficacy Matematika dengan Kecemasan Menghadapi Pelajaran Matematika. Fakultas Psikologi: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Nutra, P. R. (2014). Kecemasan Matematika dan Cara Menguranginya. Jurnal PHYTAGORAS, 3 (2), 75-84.
Siswono, T. Y. E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University.
Suparjo, V. (2007). Studi Deskriptif Kecemasan Peserta didik SMP dalam Menghadapi Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.
Susanti, D, & Rohmah, F. (2011). Efektivitas Musik Klasik dalam Menurunkan Kecemasan Matematika (Math Anxiety) pada Peserta didik Kelas XI. Yogyakarta. Universitas Ahmad Dahlan.
Whyte, J., & Anthony, G. (2012). Math Anxiety: The Fear Factor in the Mathematics Classroom. New Zealand Journal of Teachers Work, Vol 9(1), pp 6-15.
Yusmanida, D. E. (2014). Pengaruh Gaya Belajar, Kreativitas dan Kecerdasan Emosi terhadap Kemandirian Belajar Peserta didik kelas X SMK PIRI 1 Yogyakarta.