TANTANGAN PEMBELAJARAN ABAD-21: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.2082Kata Kunci:
pembelajaran abad 21, hasil belajar, media pembelajaran interaktif, power pointAbstrak
Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang mempersiapkan generasi abad 21 dimana kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang begitu cepat memiliki pengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan termasuk pada proses belajar mengajar. Dewasa ini dalam pelaksanaan berbagai program pendidikan, kita dihadapi dengan berbagai tantangan yang harus dihadapi oleh guru. Guru senantiasa harus memiliki kompetensi guru abad 21, sehingga guru dapat mempersiapkan segala sesuatu baik melalui berbagai inovasi yang ada dengan menerapkannya di kelas terutama dalam menjawab berbagai kebutuhan pada abad 21. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan, peneliti menemukan permasalahan bahwa Keadaan siswa kelas VI A SDN Haurngombong II yang umumnya belajar dengan model pembelajaran langsung khususnya metode ceramah menunjukkan bahwa siswa kurang bersemangat dalam menerima pelajaran dan menimbulkan kejenuhan ketika belajar didalam kelas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI A di SDN Haurngombong II. Hasil Penelitian ini yaitu 1) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis power point untuk meningkatkan siswa kelas VI A di SDN Haurngombong II.Referensi
Auliani, L., Afandi, L. H., & Setiawan, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PowerPoint Pada Tema 2 †œUdara Bersih Bagi Kesehatan†Kelas 5 SDN 20 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1869-1874.
Bungin, Burhan. (2012). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media
Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan:Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Fanny, A, M., & Suardiman, S. P. (2013). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SEKOLAH DASAR KELAS V. Jurnal Prima Edukasia. 1 (I).
Gunawan, Imam. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara
Indriani, N. M. P. S., Dewi, N. K., & Erfan, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Materi Bangun Datar Siswa Kelas III SD Negeri 1 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 516-520.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Mardi, dkk. (2007). Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Untuk SMK Kelas XI. Bandung: Yudhistira.
Mawaddah, I. ., Harjono, A., & Istiningsih, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 217–225.
Mintorogo, Ahmad Adib. (2014). Perancangan Media Interaktif Pengenalan Alphabet Berbasis Alat Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Jurnal DKV Adi Warna, 13.
Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Munir. (2012). Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Purwandini & Irwansyah. (2018). Komunikasi Korporasi pada Era Industri 4.0. Jurnal Ilmu Sosial, 17(1).
Resiani, Ni Kadek., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2015). Pengembangan Game edukasi Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Semester Genap di SMPN 7 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan GaneshaJurusan Teknologi Pendidikan, Vol: 3 No: 1.
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sagala, Syaiful. (2013). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta,
Setiawan, H., Aji, S. M. W., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Rosyidah, A. N. K., & Gunayasa, I. B. K. (2021). Pemanfaatan Sumber Bacaan Berbasis Augmented Reality Untuk Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 6(1), 146-156.
Sulistiawati, A., & Prastowo, A. (2021). PENGGUNAAN PHET SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 2(2), 82 - 91. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i2.476.
Supriadi, Nanang. (2015). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman," Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6, no. 1: 64.
Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 (Jakarta: Sinar Grafika, 2013):2.
Yanti, Linda. (2014). Efektifitas Penggunaan Media Power Point Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas X Ma Negeri 1 Lubuklinggau Tahun Ajaran 2014/2015. http://mahasiswa. mipastkipllg. com/ repository / jurnal_Linda_Y.pdf. diakses tanggal 19 Juni 2021).
Yusuf, A Muri. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.