NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 159 PALEMBANG

Penulis

  • Wulan Hafisa Putri Program Studi PGMI, FITK UIN Raden Fatah, Palembang
  • Trika Nur Fadillah Program Studi PGMI, FITK UIN Raden Fatah, Palembang
  • Mirta Antalika Program Studi PGMI, FITK UIN Raden Fatah, Palembang
  • Ines Tasya Jadidah Program Studi PGMI, FITK UIN Raden Fatah, Palembang

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v4i2.1959

Kata Kunci:

karakter, IPS, Sekolah dasar

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan pemikiran observasional tentang penerapan nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran mempertimbangkan sosial di Sekolah Dasar Negeri 159 Palembang. Perenungan ini menggunakan desain kualitatif ekspresif dengan metode pengujian substansi. Berdasarkan wacana dan wacana dikemukakan bahwa: 1) Persiapan pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri 159 Palembang terdiri dari tahapan pengambilan: perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian; dan 2) Kesesuaian buku topikal yang sesuai dengan pendidikan karakter meliputi agama, akhlak mulia, ketahanan, pengajaran, imajinatif, adil, rasa ingin tahu, jiwa kebangsaan, menghargai prestasi, komunikatif bertetangga, peduli lingkungan, peduli sosial, suka mengkaji, penuh perhatian, menghargai negara, bekerja keras, dan mandiri

Referensi

Adisusilo, Sutarjo. (2013). Pembelajaran Nilai Karakter Konstruksi dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Anas Salahudin, Irwanto Alkrienciehie. (2013). Pendidikan Karakter, Bandung : CV Pustaka Setia.

Azzet, A.M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Arruz Media.

Azzet, A. M. (2014). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Maryanto dkk. (2017). Organ Gerak Hewan dan Manusia buku tematik terpadu kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Budaya.

Nuraini, R. A., Asrin, A., & Jiwandono, I. S. (2021). HUBUNGAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA PEMBELAJARAN PPKn DENGAN KARAKTER SISWA KELAS V SDN GUGUS V AMPENAN . Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 2(1), 19 - 26. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.97

Nurhazannah, S. Y., Musaddat, S. ., & Setiawan, H. (2022). Analisis Karakter Sosial Pada Teks Cerita Dalam Buku Tematik Kelas V SD/MI Tema Sehat Itu Penting. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 17–26.

Safitri, T., Affandi, L. H., & Zain, M. I. (2022). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERMAINAN TRADISIONAL SUKU SASAK DI DESA BABUSSALAM GERUNG LOMBOK BARAT. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 3(1), 63 - 76. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.1071

Samani, M., & Haryanto. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sulistyowati, Endah. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta, Citra Aji Parama.

Zuchdi, D. (2010). Pengembangan model pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3).

Diterbitkan

2023-11-02

Cara Mengutip

Putri, W. H. ., Fadillah, T. N. ., Antalika, M. ., & Jadidah, I. T. . (2023). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 159 PALEMBANG. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 4(2), 119–127. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i2.1959

Terbitan

Bagian

Articles