UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2A MI MASYHUDIYAH PADA MUATAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Penulis

  • Alfiani Damayanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura
  • Agung Setyawan Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v4i2.1400

Kata Kunci:

Matematika, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar muatan matematika materi sisi, sudut, dan rusuk bangun ruang pada siswa kelas 2A MI Masyhudiyah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi . Subjek penelitian yang akan digunakan dalam penelitian tindakan kelas  ini adalah siswa kelas 2A MI Masyhudiyah yang berjumlah 25 orang siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan deksriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini didasarkan pada peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus. Kriteria yang digunakan dalam melihat keberhasilan tindakan yakni berupa peningkatan hasil belajar siswa. Siswa dinyatakan mengalami peningkatan apabila persentase minimal 70% dari seluruh siswa memenuhi nilai KKM yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar siswa pada pre test sebesar 8% dengan nilai rata-rata 43,2%, kemudian pada siklus 1 sebesar 56% dengan nilai rata-rata 68,8 dan pada siklus II sebesar 64 % dengan nilai rata-rata 69,2 kemudian pada post test siklus III sebesar 80% dengan nilai rata-rata 75. Dari data tersebut jelas menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan indikator keberhasilan sudah tercapai.

Referensi

Afandi, M. S. ., Zain, M. I. ., Khair, B. N., Tahir, M., Hakim, M., & Handika, I. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Eksploratif Berbasis Contextual untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 92–105. Retrieved from https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/140.

Anwar, M. F. N., & Widayanti, I. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN 1 LANDUNGSARI DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 2(2), 157-167.

Fatmawati, F. F., & Subarjah, H. (2016). Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 1071-1080.

Fawaz, A., & Farhurohman, O. . (2022). Penggunaan Metode Cotextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran PPKn Di SDN Babadsari 1. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 175 –179. Retrieved from https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/74.

Hanik, E. U., Pratama, M. R., Khasanah, U., & Putri, H. C. (2021). PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA DAN DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI OPERASI PERKALIAN PADA SISWA KELAS III MI NU MIFTAHUT THOLIBIN MEJOBO KUDUS. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 2(2), 111 - 117.

Johnson, E. B. (2002). Contextual teaching and learning: What it is and why it's here to stay. Corwin Press.

Lilihari, R. R. P., Rachmadyanti, P., & Sanita, E. D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Contextual And Learning (CTL) Siswa Kelas IV SDN Sidokerto. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4785-4793.

Nuraeni, D., Uswatun, D. A., & Nurasiah, I. (2020). Analisis pemahaman kognitif matematika materi sudut menggunakan video pembelajaran matematika sistem daring di kelas iv b sdn Pintukisi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61-75.

Santrock, John W. (2007). Psikologi pendidikan (Ed. 2). Tri Wibowo (edt). Jakarta: Kencana.

Sepriady, J. (2016). Contextual teaching and learning dalam pembelajaran sejarah. KALPATARU: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 2(2), 100-110.

Wiriaatmadja, Rochiati. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Diterbitkan

2023-10-22

Cara Mengutip

Damayanti, A., & Agung Setyawan. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2A MI MASYHUDIYAH PADA MUATAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING . JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 4(2), 96–104. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i2.1400

Terbitan

Bagian

Articles