PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 1 TELAGAWARU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • Miftahurrahman Miftahurrahman Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Nurul Kemala Dewi PGSD FKIP UNRAM
  • Muhammad Liwa Ilhamdi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.62

Kata Kunci:

Pengaruh Model Pembelajaran, Think Talk Write, ,IPA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar IPA pada materi Kenampakan Permukaan Bumi siswa kelas III SDN 1 Telagawaru tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dalam penelitian ini subjek dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen 71 lebih besar dari kelas control 63.71 dan hasil uji t menunjukkan bahwa t hit 2.1>ttabel1.6 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran think talk write (TTW) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 1 Telagawaru tahun pelajaran 2020-2021.

Diterbitkan

2020-12-20

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 1 TELAGAWARU TAHUN PELAJARAN 2020/2021. (2020). JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 1(2), 113-123. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.62

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama