PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 1 TELAGAWARU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Miftahurrahman Miftahurrahman Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Nurul Kemala Dewi PGSD FKIP UNRAM
  • Muhammad Liwa Ilhamdi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.62

Keywords:

Pengaruh Model Pembelajaran, Think Talk Write, ,IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar IPA pada materi Kenampakan Permukaan Bumi siswa kelas III SDN 1 Telagawaru tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dalam penelitian ini subjek dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen 71 lebih besar dari kelas control 63.71 dan hasil uji t menunjukkan bahwa t hit 2.1>ttabel1.6 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran think talk write (TTW) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 1 Telagawaru tahun pelajaran 2020-2021.

Downloads

Published

20-12-2020

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 1 TELAGAWARU TAHUN PELAJARAN 2020/2021. (2020). Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 1(2), 113-123. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.62

Most read articles by the same author(s)