Pengaruh Media Interaktif Google Sites terhadap Kemampuan Membacakan Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP

Authors

Popy Doloksaribu , Monalisa Frince S , Rolan Manurung

DOI:

10.29303/kopula.v6i2.5381

Published:

2024-10-20

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Oktober

Keywords:

Google Sites, Kemampuan Membacakan, Teks Berita

Articles

Downloads

How to Cite

Doloksaribu, P., Frince S, M., & Manurung, R. (2024). Pengaruh Media Interaktif Google Sites terhadap Kemampuan Membacakan Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 6(2), 362–371. https://doi.org/10.29303/kopula.v6i2.5381

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media google sites sebagai sarana penyampaian materi terhadap kemampuan membacakan teks berita siswa. Dilatarbelakangi oleh kemampuan membacakan siswa yang rendah khususnya pada materi teks berita. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen, menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini 180 orang dan sampel penelitian 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes intruksi yang berfungsi untuk mengetahui kemampuan membacakan teks berita siswa. Hasil penelitian ini memperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 60,8 dan nilai posttest sebesar 76,8. Hasil uji persyaratan data menunjukkan data nilai prestest dan posttest terdistribusi normal dan homogen. Dalam uji t diperoleh  thitung > ttabel = 55,172> 1,86. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan media interaktif google sites terhadap kemampuan membacakan teks berita siswa.

References

Amin, Nur F., Garancang S., Abunawas K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Kajian Islam Kontemporer (Vol.14, No.1)

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Erlangga

Arizal, J., & STKIP Budidaya Binjai, D. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Video Youtube Pada Siswa Kelas VIII SPM Swasta Karya Kartini. In Jurnal Serunai Bahasa Indonesia (Vol. 18, Issue 2).

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0.

Hanifa, I., & Astuti, F. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Seni Tari Menggunakan Multimedia Interaktif Dengan Media Konvensional Pada Siswa Di SMP N 1 Talamau. Jurnal Sendratasik, 11(3), 391. https://doi.org/10.24036/js.v11i3.117813

Harahap, S. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita di Kelas VIII MTSN 2 Medan. www.ojs.iptpisurakarta.org/index.php/edudikara

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membacakan dalam Pembelajaran Bahasa. In DIDAKTIKA (Vol. 9, Issue 1). https://jurnaldidaktika.org/

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Haryanti, A., & Fitriyah, M. (2021). Keterampilan Membacakan Teks Berita dengan Metode Bermain Peran Pada Siswa SMPN 87 Jakarta. PROSIDING SAMASTA: Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia , 74–83.

Jasmin, Risnawati, Rahma Sari Siregar, D. (2023). Metodologi Penelitian Kesehatan.

Lestari, P. (2020). Peningkatan Minat Baca dengan Program Generasi Masyarakat Gemar Membacakan di RPTRA Cililitan Jakarta Timur. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i1.4300

Maulidyah, N., Mugnilily Oktarina S, & Nasir Nasir. (2024). Pengaruh Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Maros. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 4(1), 34–43. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v4i1.2823

Muhaimin, Reizal M., Uzlifatun Ni, N., Pratama Listryanto, D., & Artikel, R. (2023). Peranan Media Pembelajaran Komik Terhadap Kemampuan Membacakan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399–405. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf

Muliawanti, Fani S., Rizqia Amalia, A., Nurasiah, I., Hayati, E., & Muhammadiyah Sukabumi, U. (2022). Analisis Kemampuan Membacakan Pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2605

Nababan, R. Y. (2023). Peran Media Google Sites Dalam Menunjang Pembelajaran Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA.

Pratama, R., Alamsyah, M., Ferry, M. S., & Marhento, G. (2023) Prosiding Seminar Nasional Sains Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional

Putri, A. Riris Nurkholidah Rambe, Intan Nuraini, Lilis Lilis, Pinta Rojulani Lubis, & Rahmi Wirdayani. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membacakan Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51–62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian (I). Cipta Media Nusantara

Ratnadewati, H., Himawan, R., & Hermanto. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Google Sites Dalam Pembelajaran Teks Biografi Kelas X SMA. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(1), 11–16. https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.92

Rosiyana, R. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Sites Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Jarak Jauh Siswa Kelas VII SMP Islam Asy-Syuhada Kota Bogor. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 217–226. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.13903

Simaremare, J. A, & Thesalonika, E. (2022). Training On Poetry Writing With Acrosstic Techniques. 5 (1).

Somantari, R. C., Wendra, W., Ayu, I., & Darmayanti, M. (2022). Pembelajaran Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Metode Information Search Di Kelas VIII SMP Dharma Wiweka Denpasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 12, 478–487. https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i3.65269

Stit, S., Nusantara, P., & Ntb, L. (2021). Ketrampilan Membacakan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia DI SD/MI. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 5, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia

Sudjana. (2006). Metoda Statistika.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tahawali, M., & Aimang, H. A. (2021). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran.

Wahyudi, S. U., Nugrahani, F., & Widayati, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 2023. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2446

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936.

Wulandari, A., Sulistyowati, R., & Hakim, L. (2022). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Google Sites Pada Materi Usaha Dan Energi Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa.

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. 3(2).

Yuniar, A., Subandowo, M., Karyono, H., Pgri, U., Surabaya, A., Dukuh, J., Xii, M., Menanggal, D., Gayungan, K., Sby, K., & Timur, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Informatika Berbasis Google Site Custom Domain. 06, 360–368.

Yunus, M. Y., & Machmury, A. (2019). Analisis Korelasi Antara Kebiasaan Membacakan Dan Kemampuan Membacakan Pemahaman Pada Siswa Kelas IX SMP Kemala Bayangkari Makassar. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 15(1), 14. https://doi.org/10.35329/fkip.v15i1.311

Author Biographies

Popy Doloksaribu, Universitas HKBP Nommensen Medan

Monalisa Frince S, Universitas HKBP Nommensen Medan

Rolan Manurung, Universitas HKBP Nommensen Medan

License

Copyright (c) 2024 Popy Doloksaribu, Monalisa Frince S, Rolan Manurung

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).