Marketing Analysis of Sangkuriang Catfish in Pokdakan Sindu Lestari, Bantuas Village, Palaran District, Samarinda City

Penulis

  • Agung Faisail Abdillah Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman Samarinda, Indonesia , Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman Samarinda, Indonesia
  • Muhammad Syafril Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman Samarinda, Indonesia , Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman Samarinda, Indonesia
  • Wahyu Fahrizal Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman Samarinda, Indonesia , Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman Samarinda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29303/mediaakuakultur.v4i1.3893

Kata Kunci:

Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, dan, Pokdakan Sindu Lestari

Abstrak

Agung Faisal Abdillah, 2022. Analisis Pemasaran Ikan Lele Sangkuriang di Pokdakan Sindu Lestari Kelurahan Bantuas Kecamatan Palaran Kota Samarinda. (Dibimbing oleh M. Syafril dan Wahyu Fahrizal)

Tujuan penelitian ini Mengetahui pola saluran pemasaran usaha pembesaran ikan lele sangkuriang serta fungsi pemasaran yang dilakukan pada setiap lembaga pemasaran di Pokdakan Sindu Lestari  dan Menganalisis kinerja pemasaran ikan lele sangkuriang yang meliputi margin, keuntungan dan farmer’s share. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan metode studi kasus. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu bahwa saluran pemasaran pokdakan sindu lestari terdiri dari 2 saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran tingkat nol, saluran pemasaran tingkat satu Margin pemasaran pada produsen ke pedagang pengecer sebesar Rp. 6.000, Keuntungan seluruh saluran pemasaran sebesar Rp. 4.266,49  Kg. dalam sekali proses pemasaran. Dan margin saluran pemasaran tingkat satu menghasilkan farmer’s share sebesar 76%.

Diterbitkan

2024-07-03

Cara Mengutip

Marketing Analysis of Sangkuriang Catfish in Pokdakan Sindu Lestari, Bantuas Village, Palaran District, Samarinda City . (2024). Jurnal Media Akuakultur Indonesia, 4(1), 1-6. https://doi.org/10.29303/mediaakuakultur.v4i1.3893