Pengenalan Media ChemMag Bertema Etnokimia Lokal Sebagai Bahan Bacaan Tambahan pada Pembelajaran Kimia Bagi Siswa SMA/MA

Penulis

Rahmawati Rahmawati , Baiq Fara Dwirani Sofia , I Nyoman Loka , Muntari Muntari , Burhanuddin Burhanuddin

DOI:

10.29303/jpimi.v3i1.3914

Diterbitkan:

2024-02-01

Terbitan:

Vol 3 No 1 (2024): Edisi Februari

Kata Kunci:

media, ChemMag, etnokimia lokal

Articles

Unduhan

Cara Mengutip

Rahmawati, R., Sofia, B. F. D., Loka, I. N., Muntari, M., & Burhanuddin, B. (2024). Pengenalan Media ChemMag Bertema Etnokimia Lokal Sebagai Bahan Bacaan Tambahan pada Pembelajaran Kimia Bagi Siswa SMA/MA . Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 3(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/jpimi.v3i1.3914

Abstrak

Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi yang membutuhkan media yang bisa mewakili guru menyajikan informasi belajar kepada siswa sehingga pembelajaran kimia yang dianggap sulit dapat diatasi dengan adanya media yang telah banyak dikembangkan. Media pembelajran berupa majalah kimia dapat dijadikan sebagai sumber belajar alternatif dan dirasa lebih efektif dibandingkan modul cetak, buku dan bahan ajar lainnya. Survey di 3 lokasi sekolah, yakni SMAN 1 Labuapi Lobar, SMAN 2 Gerung, dan SMA Hang Tuah Mataram menunjukkan bahwa lebih dari 80% siswanya menyatakan suka dengan pelajaran kimia namu merasa kesulitan memahami pelajaran dan bahkan merasa bosan dengan penjelasan dari guru karena kurangnya media bacaan yang menarik dan menyenangkan. Solusi yang diberikan adalah mengenalkan kepada siswa media ChemMag, yakni suatu media pembelajaran kimia bebentuk majalah dengan konten konsep-konsep kimia pada proses pembuatan minyak kelapa. Pembuatan minyak kelapa adalah salah satu etnokimia lokal masyarakat Lombok yang sudah familiar bagi siswa setempat. Mengambil sampel di SMA 6 Mataram sebagai tempat untuk melaksanakan sosialisasi tentang media ChemMag seri ke-6 brtujuan untuk meningkatkan antusisme siswa dalam pembelajarn kimia. Hasil kegiatan sosialisais ini tergambar dari nilai respon siswa dan guru kimia di sekolah tersebut terhadap beberapa aspek penilaian. Aspek kemenarikan masuk kategori sangat praktis dengan persentase sebesar 81.62%; dari aspek kemudahan penggunaan masuk kategori sangat praktis dengan nilai persentase 84.31%; dari aspek isi masuk kaegori sangat praktis dengan nilai kepraktisan 83.23%; dari aspek manfaat tergolong sangat praktis dengan persentase sebesar 83.27%. Kesimpulan yang dapat diambil adalah: Siswa dan guru sangat tertarik dengan media majalah yang diperkenalkan; Respon siswa dan guru terhadap kegiatan sosialisasi media Chem Mag sangat bagus; Guru merasa tertarik untuk bekerjasama dengan tim pengabdian untuk mengembangkan media majalah pada tema yang lain di waktu yang akan datang.  

Biografi Penulis

Rahmawati Rahmawati, Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Baiq Fara Dwirani Sofia, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

I Nyoman Loka, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Muntari Muntari, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Burhanuddin Burhanuddin, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.