Melatih Kemampuan Menganalisis Literatur, Formulasi Gagasan dan Kemampuan Presentasi Mahasiswa Melalui Chemistry Slam

Authors

Lalu Rudyat Telly Savalas , Agus Abhi Purwoko , Yayuk Andayani , Rahmawati Rahmawati , Baiq Fara Dwirani Sofia , Aruna Akbar , Ahmad Wisnu Adi Riyanto , Jannatin ‘Ardhuha , Ermia Hidayanti

DOI:

10.29303/jpimi.v1i1.668

Published:

2022-02-18

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2022): Februari

Keywords:

chemistry slam, kemampuan presentasi, formulasi gagasan, membaca kritis

Articles

How to Cite

Savalas, L. R. T., Purwoko, A. A. ., Andayani, Y. ., Rahmawati , R. ., Sofia, B. F. D. ., Akbar, A. ., … Hidayanti, E. . (2022). Melatih Kemampuan Menganalisis Literatur, Formulasi Gagasan dan Kemampuan Presentasi Mahasiswa Melalui Chemistry Slam. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 1(1), 33–38. https://doi.org/10.29303/jpimi.v1i1.668

Abstract

Proyek pengabdian kepada masyarakat bertema chemistry slam telah dilakukan. Chemistry slam adalah versi kimia dari Science Slam yang populeritasnya semakin meningkat. Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa tingkat sarjana dan tidak terbatas pada mahasiswa kimia atau pendidikan kimia. Dalam kegiatan chemistry slam, peserta diminta untuk menelusuri literatur tentang topik-topik tertentu dalam kimia atau kesulitan dalam pengajaran kimia yang menyebabkan miskonsepsi atau konsepsi alternatif di kalangan siswa. Mereka selanjutnya merancang strategi pengajaran dan memfilmkan peran mereka sebagai guru yang mengajarkan topik pilihan mereka. Suatu panel ahli mereview video yang dikirimkan untuk memilih pemenang dengan presentasi dan catatan konsep terbaik. Persepsi partisipan direkam dengan kuesioner yang ditindaklanjuti dengan wawancara pendalaman. Sebagian besar peserta merespon positif kegiatan ini. Sembilan puluh persen peserta menyatakan bahwa mereka berlatih untuk menganalisis artikel ilmiah secara kritis. Delapan puluh persen peserta merasa memiliki kesempatan untuk melatih diri merumuskan ide. Selain itu, sebagian besar peserta mengakui masukan dari dewan juri bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan presentasi mereka. Secara keseluruhan, proyek chemistry slam merupakan aktivitas yang sangat baik, terutama selama pandemi di mana motivasi belajar mendekati mahasiswa umumnya rendah.

Author Biographies

Lalu Rudyat Telly Savalas, University of Mataram

Agus Abhi Purwoko, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Yayuk Andayani, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Rahmawati Rahmawati , Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Baiq Fara Dwirani Sofia, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Aruna Akbar, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Ahmad Wisnu Adi Riyanto, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Jannatin ‘Ardhuha, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Ermia Hidayanti, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.