Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Bagi Guru Sosiologi SMA di Kabupaten Lombok Utara
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpimi.v3i2.5810Kata Kunci:
Pelatihan, Modul Ajar, Guru SosiologiAbstrak
Dengan diberlakukannya Kurikulum Merdeka (Kumer) sebagai perubahan dari Kurikum 2013 (K-13) di berbagai jenjang Pendidikan di Sekolah, berimplikasi terhadap berbagai aspek pembelajaran, termasuk aspek perangkat pembelajaran, khususnya terkait Renvana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pada Kurikulum Merdeka, RPP berubah menjadi modul ajar. Perubahan tersebut tentunya tidak sekedar perubahan nama, melainkan juga perubahan struktur dan substansi di dalamnya. Melakukan perubahan dimaksud tentunya bukalah suatu hal yang mudah bagi guru, khususnya bagi guru soisologi SMA di Kabupaten Lombok Utara. Mereka masih kebingungan dalam menyusun modul ajar yang menjadi salah satu tuntutan kurikulum merdeka. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian sangat penting dilakukan dengan tujuan agar guru Sosiologi SMA di Lombok Utara dapat menyusun modul ajar yang sesuai dengan kebutuhan pencapaian tujuan pembelajaran. Luaran kegiatan pengabdian ini adalah: (1) publikasi artikel ilmiah pada jurnal nasional ber-ISSN, dan (2) pernyataan pemanfaatan hasil pengabdian oleh mitra. Metode yang diguanakan adalah pelatihan dengan tahapan kegiatan: (1) penyampaian materi dan diskusi (2) pendampingan, dan (3) evaluasi. Hasil pengabdian menujukkan bahwa guru sosiologi dapat menyusun modul ajar Sosiologi SMA Kelas X sesuai struktur dan substansi yang ditentukan, dibuktikan dengan adanya produk modul ajar yang disusun oleh guru SMA di Lombok Utara yang siap diimplementasikan guna meningkatkan kualitas pembelajaran Sosiologi SMA di Lombok UtaraUnduhan
Diterbitkan
2024-12-16
Cara Mengutip
Masyhuri, M., Suud, S., & Ilyas, M. (2024). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Bagi Guru Sosiologi SMA di Kabupaten Lombok Utara . Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 3(2), 143–148. https://doi.org/10.29303/jpimi.v3i2.5810
Terbitan
Bagian
Articles