Pelatihan Peningkatan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah Dan Teknik Publikasi Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Authors

Saprizal Hadisaputra , Yayuk Andayani , Eka Junaidi , Rahmawati Rahmawati , Baiq Fara Dwirani Sofia

DOI:

10.29303/jpimi.v1i1.592

Published:

2022-02-06

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2022): Februari

Keywords:

publikasi, jurnal, karya ilmiah, pelatihan

Articles

How to Cite

Hadisaputra, S., Andayani, Y. ., Junaidi, E., Rahmawati, R., & Sofia, B. F. D. . (2022). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah Dan Teknik Publikasi Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 1(1), 28–32. https://doi.org/10.29303/jpimi.v1i1.592

Abstract

Sesuai surat edaran bernomor 152/E/T/2012 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait publikasi karya ilmiah, maka lulusan program sarjana harus memiliki karya ilmiah yang diterbitkan pada jurnal ilmiah. Publikasi Ilmiah menjadi hal yang sangat penting baik demi mahasiswa sendiri maupun kepentingan perguruan tinggi. Namun, sebagian besar mahasiswa terkendala dalam hal penulisan karya ilmiah karena harus melalui proses yang rumit dan membutuhkan kemampuan penulisan karya ilmiah yang baik. Kendala tersebut membuat mahasiswa menjadi terhambat untuk memenuhi persyaratan kelulusan. Selain itu, adanya surat adaran pencegahan pelanggaran etika publikasi ilmiah nomor B/1781/E.E5/KI.02.00/2020 yang dikeluarkan Kemenritek-Brin agar pengelola jurnal melakukan cek kesamaan sebelum artikel bisa dimuat di jurnal, membuat publikasi ilmiah dari mahasiswa membutuhkan pendampingan yang intensif. Hal ini menjadi penting karena budaya copy paste sudah menjadi kebiasaan di kalangan mahasiswa. Upaya meningkatkan kuantitias dan kulitas publikasi ilmiah mahasiswa harus dilakukan. Oleh sebab itu tim pengabdian masyarakat Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram telah melaksanakan pelatihan penulisan artikel dan teknik publikasi di Jurnal ilmiah. Hal ini menjadi sangat diperlukan untuk dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah yang bermutu. Metode yang akan dipakai pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Focus Group Discussion (FGD) berupa pelatihan dan pendampingan peningkatan keterampilan mahasiswa kimia. Kegiatan akan dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu: (1) tahap perencanaan, (2) tahap observasi, (3) tahap pelaksanaan, (4) tahap evaluasi. Target yang telah dicapai pada pengabdian ini adalah meningkatnya keterampilan mahasiswa di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram tentang publikasi pada jurnal atau prosiding. Berdasarkan survey awal dan data setelah kegiatan pelatihan berlangsung, terdapat peningkatan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menyusun karya ilmiah secara signifikan. Terlihat bahwa pada pemahaman materi pelatihan hampir semua meningkat hingga 80% termasuk motivasi mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah yang bermutu juga tergolong tinggi.

Author Biographies

Yayuk Andayani, Pendidikan Kimia, Jurusan PMIPA, FKIP Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Eka Junaidi, Pendidikan Kimia, Jurusan PMIPA, FKIP Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Rahmawati Rahmawati, Pendidikan Kimia, Jurusan PMIPA, FKIP Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Baiq Fara Dwirani Sofia, Pendidikan Kimia, Jurusan PMIPA, FKIP Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.