Sosialisasi Pengemasan Produk SMART (Sehat, Menarik, Aman, Ramah Lingkungan, dan Tepat Sasaran) Bagi Masyarakat Desa Sembalun Bumbung Sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Jual Produk Lokal Di NTB

Abstract

Desa Sembalun Bumbung, yang terletak di lereng Gunung Rinjani, memiliki potensi alam besar dan diakui sebagai World Geopark oleh UNESCO. Meskipun desa ini menghasilkan berbagai produk pertanian dan perkebunan, kebanyakan produk hanya dijual dalam bentuk bahan mentah, terutama untuk wisatawan yang berkunjung langsung. Pengabdian ini berfokus pada upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga Desa Sembalun Bumbung dalam pengemasan produk pertanian dengan metode SMART (Sehat, Menarik, Aman, Ramah Lingkungan, dan Tepat Sasaran). Kegiatan ini melibatkan pendekatan transfer pengetahuan, transfer teknologi, serta pembinaan dan pendampingan. Produk yang menjadi fokus adalah kopi bubuk dan black onion, dengan pengemasan yang lebih inovatif dan estetis. Selain itu, pelatihan juga mencakup pembukaan toko online di e-commerce dan teknik copywriting. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam pengemasan produk. Beberapa dari mereka bahkan tertarik untuk menjalankan bisnis online. Dengan pengemasan yang baik dan pemasaran yang tepat, produk hasil olahan dari Desa Sembalun Bumbung memiliki peluang untuk meningkatkan pendapatan dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal.
Published
2024-02-28