Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Guru MANW Unwanul Falah Paok Lombok

Authors

Muh. Zubair , Sawaludin Sawaludin , Bagdawansyah Alqadri , Edy Kurniawansyah

DOI:

10.29303/jpimi.v2i2.3289

Published:

2023-08-31

Issue:

Vol. 2 No. 2 (2023): Edisi Agustus

Keywords:

Pelatihan, Media Pembelajaran, Canva

Articles

How to Cite

Zubair, M., Sawaludin, S., Alqadri, B., & Kurniawansyah, E. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Guru MANW Unwanul Falah Paok Lombok. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 2(2), 91–94. https://doi.org/10.29303/jpimi.v2i2.3289

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam mengembangkan dan pengimplementasian materi diperlukan keterampilan membuat disain media yang menarik dan menyenangkan. Canva merupakan salah satu tools desain grafis yang dirancang untuk memudahkan penggunanya  membuat berbagai desain kreatif dan inovatif secara online. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, dilaksanakan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis canva bagi guru MA NW Unwanul Falah Paok Lombok. Pemilihan aplikasi canva yang akan digunakan karena penggunaannya tidak sulit dan terdapat versi yang tidak berbayar. Selain itu, canva juga menyediakan berbagai template yang menarik sehingga guru-guru dapat bebas memilih template yang sesuai dengan kebutuhan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta pelatihan dalam menggunakan canva untuk membuat media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Metode pelakasanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini menggunakan metode pelatihan. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan pola workshop seperti : ceramah, praktik dan diskusi/tanyajawab. Kegiatan dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu : (1) persiapan, (2) pelaksanaan pelatihan dan (3) evaluasi kegiatan.  Penyampaian materi  dilanjutkan  dengan  praktik  pembuatan  media pembelajaran interaktif.  Kegiatan  ini  diikuti  oleh  43  guru-guru  MA NW Unwanul Falah Paok Lombok. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran berbasis canva terselenggara dengan baik serta mampu meningkatkan kemampuan guru MA NW Unwanul Falah Paok Lombok dalam membuat media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Peserta memiliki respon yang baik dan merasa antusias selama pelatihan berlangsung. Setelah selessainya kegiatan pelatihan, semua guru atau peserta mampu mengoprasikan aplikasi canva untuk membuat  media pembelajaran iteraktif. Berdasarkan hasil respon, semua peserta mengatakan sangat setuju dengan penggunaan aplikasi canva dalam menyiapkan pembelajaran yang menyenangkan buat siswa.

Author Biographies

Muh. Zubair, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mataram

Sawaludin Sawaludin, Program Studi PPKn, Universitas Mataram

Bagdawansyah Alqadri, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mataram

Edy Kurniawansyah, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mataram

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.