Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Penguatan Karakter Siswa (Pendampingan Pada Guru PPKN di SMPN 21 Mataram)
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpimi.v2i1.2093Keywords:
Bahan Ajar, Kearifan lokal, KarakterAbstract
PPKn sebagai salah satu matapelajaran yang dibelajarkan pada jenjang SMP menujukkan peluang penegmbangan bahan ajar berbasis kearifan lokal sebagai upaya penguatan karakter siswa. Peluang tersebut pada kenyataan kurang dipahami oleh guru PPKn SMP, khususnya guru PPKn di SMPN 21 Mataram. Bahan ajar yang digunakan salama ini adalah bahan ajar yang berorientasi pada penguasaan konsep sesuai dengan materi yang ada pada buku teks yang berlaku secara nasional. Hal ini menjadikan pembelajaran PPKn kurang kontekstual serta kurang berkontribusi dalam menyiapkan siswa sebagai bagian dari warga negara yang berkarakter. Oleh karena itulah kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan dalam bentuk pendampingan pada guru PPKn di SMPN 21 Mataram untuk mengembangkan bahan ajar PPKn berbasis kearifan lokal sebagai upaya penguatan karakter siswa sangat penting dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn. Metode yang diguanakan adalah pendampingan dengan tahapan kegiatan: (1) penyampaian materi dan diskusi (2) pendampingan, (3) evaluasi. Pelaksanaan pengabdian telah menghasilkan luaran sebagaimana yang ditargetkan, yaitu produk bahan ajar berupa RPP dan media visual (Gambar dan kartu), artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal nasional ber-ISSN, dan juga pernyataan pemanfaatan hasil pengabdian oleh mitra.Downloads
Published
2023-02-28
How to Cite
Yuliatin, Y., Rispawati, R., & Haslan, M. M. . . (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Penguatan Karakter Siswa (Pendampingan Pada Guru PPKN di SMPN 21 Mataram) . Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 2(1). https://doi.org/10.29303/jpimi.v2i1.2093
Issue
Section
Articles