Pelatihan Pemanfaatan Wordwall sebagai Alternatif Media Evaluasi Pembelajaran Interaktif bagi Guru di SDN 40 Mataram

Training on Wordwall Utilization as an Alternative Media for Interactive Learning Evaluation for Elementary Teachers at SDN 40 Mataram

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i3.8516

Kata Kunci:

Evaluasi Pembelajaran, Media Evaluasi, Wordwall

Abstrak

Evaluasi pembelajaran merupakan hal penting pada pembelajaran di sekolah. Dalam prosesnya, guru harus mempersiapkan, melaksanakan, dan menuliskan serta melaporkan hasilnya dalam dokumen tertentu. Proses ini menjadi lebih praktis dan efisien jika dilakukan berbasis digital. Kendati demikian, beberapa guru memiliki keterbatasan dalam memanfaatkan platform digital untuk mengembangkan evaluasi pembelajaran yang interaktif dan menarik. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan Pengabdian ini adalah untuk membekali guru SDN 40 Mataram (mitra) mengenai pengembangan media evaluasi berbasis digital yang interaktif menggunakan platform Wordwall. Metode Pengabdian ini dengan melaksanakan 4 tahapan kegiatan, yakni sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, dan pendampingan, dan evaluasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada 23 Agustus 2025 melibatkan 13 peserta dari unsur Kepala Sekolah, guru, dan mahasiswa. Peserta memperoleh pengetahuan dan keterampilan mulai dari konsep dasar media pembelajaran hingga praktik langsung menyusun instrumen evaluasi digital yang interaktif. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat kepuasan dan efektivitas yang tinggi dengan rata-rata skor 4,64 serta nilai post-test rata-rata 85, menandakan seluruh peserta mampu memahami dan mengimplementasikan materi dengan baik.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-19

Cara Mengutip

Pelatihan Pemanfaatan Wordwall sebagai Alternatif Media Evaluasi Pembelajaran Interaktif bagi Guru di SDN 40 Mataram: Training on Wordwall Utilization as an Alternative Media for Interactive Learning Evaluation for Elementary Teachers at SDN 40 Mataram. (2025). DARMADIKSANI, 5(3), 12-21. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i3.8516

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama