Penyuluhan tentang Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru Bahasa Inggris Sekolah Dasar Se-Kota Mataram

Authors

Nurachman Hanafi , Udin , Eni Djuhaeny , Atri Dewi Aziz

DOI:

10.29303/darmadiksani.v1i1.93

Published:

2021-06-17

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2021): Edisi Juni

Keywords:

Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, Metode pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Inggris

Articles

Downloads

How to Cite

Hanafi, N., Udin, Djuhaeny, E., & Aziz, A. D. (2021). Penyuluhan tentang Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru Bahasa Inggris Sekolah Dasar Se-Kota Mataram. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 1(1), 59–68. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v1i1.93

Abstract

ABSTRAK Bahasa Inggris bagi masyarakat Indonesia diajarkan dan dipelajari sebagai bahasa asing. Apapun tingkatan pendidikan siswa yang diajarkannya guru harus profesional dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang guru. Kesuksesan dan kegagalan pembelajaran bahasa Inggris di dalam kelas dapat disebabkan oleh beberapa faktor: guru, siswa/siswi, metode dan tekhnik pembelajaran, media pembelajaran dan materi yang diajarkan guru di dalam kelas. Banyaknya guru-guru bahasa Inggris yang kurang atau tidak profesional dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru menarik perhatian para penyuluh untuk melaksanakan penyuluhan tentang pembelajaran bahasa Inggris bagi guru-guru bahasa Inggris SD se-kota Mataram. Secara umum penyuluhan ini dimaksudkan agar guru-guru SD memiliki pemahaman tentang betapa pentingnya memilih materi pembelajaran bahasa Inggris yang tepat untuk pembelajar tingkat SD se-kota Mataram. Secara khusus kegiatan ini dimaksudkan untuk (1) memberikan pengarahan kepada guru-guru bahasa Inggris SD se-kota Mataram agar memberikan materi ajar bahasa Inggris yang sesuai dengan tingkatan pendidikan siswa, (2) memberikan pengarahan kepada guru-guru bahasa Inggris SD se-kota Mataram tentang metode dan tekhnik penyampaian materi yang dianggap tepat untuk diterapkan di dalam kelas sesuai tingkatan pendidikan peserta didik, dan (3) mencontohkan materi ajar yang cocok berikut cara penerapannya di dalam kelas sesuai tingkatan pendidikan peserta didik. Adapun metode pelaksanaan kegiatan ini disampaikan melalui dua tahapan, yaitu tahap penyampaian teori dengan melaksanakan hal-hal berikut: (1) menyampaikan materi pembelajaran bahasa Inggris yang cocok untuk peserta didik usia SD, (2) memberi contoh tentang cara penerapan metode dan tekhnik yang tepat dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk peserta didik usia SD yang dapat meningkatkan semangat belajar mereka. Tahap berikutnya adalah tahap diskusi dan tanya-jawab. Pada tahap ini para penyuluh memberikan kesempatan kepada para peserta penyuluhan yakni, guru-guru bahasa Inggris SD se-kota Mataram untuk mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya kepada para penyuluh terkait materi penyuluhan apabila ada hal-hal yang kurang jelas atau tidak dimengerti.   ABSTRACT English for Indonesians is taught and studied as a foreign language. Whatever level of student education he teaches, the teacher must be professional in carrying out his duties as a teacher. The success and failure of learning English in the classroom can be caused by several factors: teachers, students, learning methods and techniques, learning media and material taught by the teacher in the classroom. The large number of English teachers who are less or unprofessional in carrying out their duties as teachers has attracted the attention of extension workers to carry out counseling on English learning for elementary school English teachers in Mataram. In general, this counseling is intended so that elementary school teachers have an understanding of how important it is to choose the right English learning material for elementary level learners in the city of Mataram. In particular, this activity is intended to (1) provide direction to elementary school English teachers in Mataram to provide English teaching materials that are appropriate to the level of education of students, (2) provide direction to elementary school English teachers throughout Mataram City regarding methods and techniques of delivering material that are deemed appropriate to be applied in the classroom according to the educational level of students, and (3) exemplify suitable teaching materials and how to apply them in the classroom according to the level of education of students. The method of implementing this activity is conveyed in two stages, namely the stage of delivering the theory by carrying out the following: (1) delivering English learning materials suitable for elementary school age students, (2) giving examples of how to apply appropriate methods and techniques in learning English for elementary age students who can increase their enthusiasm for learning. The next stage is the discussion and question and answer stage. At this stage, the extension workers provided the opportunity for the extension participants, namely, elementary school English teachers in Mataram to ask as many questions as possible to the extension agents regarding the extension material if there were things that were unclear or not understood.

Author Biographies

Nurachman Hanafi, English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Udin, English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Eni Djuhaeny, English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Atri Dewi Aziz, English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.