Edukasi Teknologi Pengusir Burung Ramah Lingkungan untuk Ketahanan Pertanian di Desa Pakuluran Pandeglang
Training on Utilizing Eco-Friendly Bird Repellent Technology for Strenghtening Agricultural Resilience among Farmers in Pakuluran Village Pandeglang Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i1.7236Keywords:
Alat Pengusir Burung, Edukasi Teknologi, Energi Terbarukan, Pengabdian Masyarakat, PetaniAbstract
Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan oleh mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik Elektro Kelompok 1B dengan tujuan memberikan edukasi kepada petani di desa Pakuluran mengenai penggunaan alat pengusir burung berbasis energi terbarukan. Permasalahan hama burung seperti burung pipit dan emprit yang menyerang tanaman padi dan jagung menjadi salah satu kendala utama bagi petani, terutama menjelang masa panen. Untuk menjawab permasalahan tersebut, tim mahasiswa merancang alat pengusir burung sederhana yang menggunakan tenaga surya dan pengeras suara (speaker) sebagai penghasil suara untuk mengusir burung. Kegiatan edukasi dilaksanakan langsung di lahan pertanian dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) dan edukasi sebaya (peer education), sehingga petani tidak hanya menerima informasi, tetapi juga terlibat aktif dalam proses edukasi dan pemasangan alat. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa petani cukup antusias dan menilai alat ini sebagai solusi praktis dan ramah lingkungan. Edukasi ini juga memberikan pemahaman kepada petani tentang pentingnya perawatan alat agar dapat digunakan dalam jangka panjang.Downloads
Published
2025-06-18
How to Cite
Fitri, H. M., Rahman, P. S., Lestari, E., Septiyudin, E., Mahendra, B. Z., Khaerunnisa, P., … Wardoyo, S. (2025). Edukasi Teknologi Pengusir Burung Ramah Lingkungan untuk Ketahanan Pertanian di Desa Pakuluran Pandeglang: Training on Utilizing Eco-Friendly Bird Repellent Technology for Strenghtening Agricultural Resilience among Farmers in Pakuluran Village Pandeglang Indonesia. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 5(1), 198–205. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i1.7236
Issue
Section
Articles