Main Article Content

Yusuf Imron
Lalu Hamdian Affandi
Muhammad Turmudzi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan Media Video Online terhadap hasil belajar Matematika peserta didik kelas III di SDN 15 Cakranegara tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode True- Experimental Design type Non- Equivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD dengan jumlah 45 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample dengan ukuran sample kelas yang parallel yaitu ; kelas Experimen IIIB 23 siswa dan kelas control IIIA 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji t-test dengan menggunakan polled varians. Hasil analisis data dengan dengan menggunakan t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) menunjukan bahwa t hitung = 1,65 sedangkan t tabel = 2,016 sehingga nilai t hitung = 1,65 < t tabel = 2,016, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak yang berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media video online terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas III SDN 15 Cakranegara tahun ajaran 2020/2021.

Article Details

How to Cite
Imron, Y., Affandi, L. H., & Turmudzi, M. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ONLINE DALAM MATERI PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 15 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2020/2021. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 1(2), 97-103. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.58
References
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CF Pustaka Setia
Riduwan. 2012. Dasar-DasarStatistika. Bandung: Alfabeta.
Setyosari, P. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Siregar, Syofian. 2017. Metode Penelitian Kuatitatif. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Sutrisno, Hadi. 2015. Statistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), Cet. 14, h. 123.