PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA METEMATIKA SISWA KELAS V

Authors

  • Irnawati Irnawati Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Ida Bagus Kade` Gunayasa PGSD FKIP UNRAM
  • Muhammad Turmudzi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.60

Keywords:

PBL, Ability to complete story problems, fifth grade student

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menyelesaiakan soal cerita matematika di kelas V SDN 1 Saribaya tahun pelajaran 2020/2021.Penelitian ini menggunakan penelitian, jenis Quasi Eksperimental Design tipe one group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar 1 Saribaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes soal matematika tertulis bentuk uraian sebanyak 5 butir soal yang telah memenuhi validitas. Uji hopotesis pada penelitian ini menggunakan paired sampel t-test. Sebelum melakukan uji hipotesis data yang diperoleh terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh thitung sebesar -12,162 sedangkan ttabel 2,060 pada taraf signifikansi 5% dengan df 25. Sehingga thitung -12,162 > 2,060maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan H0ditolak yang berarti terdapat perbedaan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika antara sebelum dan setelah mendapat perlakuan model problem based learning. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa SD Kelas V SDN 1 Saribaya.

References

Abdullah, Sani Ridwan. 2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Arikunto,S. 2013.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Gunantara, Gede. 2014.”Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V semester II SD No. 2 Sepang tahun pelajaran 2012/2013”.Jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran. Vol 2. No. 1 (hlm 1-10).
Haeruman. 2013. Model Pembelajaran Metematika Di Sekolah Dasar. Bamdung: PT. Remaja Rosdakarya
Isrok’atun dan Amelia Rosmala,2018. Model-Model Pembelajaran Matematika: PT Bumi Aksara.
Juliawan, Luh Putu Putrini Mahadewi & Ni Wayan Rati.2017.Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan masalah Matematika Siswa Kelas III. e-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 5, 2.
Komalasari, 2013. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Adiatama.
Ngalimun,2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo
Rusman. (2012). Model-model pembelajaran mengembangkan profesional guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Ruchaedi Dinding & Ilham Baehaki.2 016. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Haeristik Pemecahan Masalah dan Sikap Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2, 2.
Shoimin Aris, 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utami, R. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Masalahdengan Langkah Penyelesaian Berdasarkan Polyadan Krulik-Rudnick Ditinjau Dari Kreativitas Siswa.Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 1(1), 81-96.
Supiandi Iyus Markus & Hendrikus Julung. (2016). Pengaruh Model Problem Based Leraning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Saians, 4, 60-64.
Yamin, M. 2013. Strategi dan Matode dalam Model Pembelajaran.Jakarta: Refrensi (GP Press Group).

Downloads

Published

20-12-2020

How to Cite

Irnawati, I., Gunayasa, I. B. K., & Turmudzi, M. (2020). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA METEMATIKA SISWA KELAS V. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 1(2), 104–112. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.60