UPAYA PERLUASAN PANGSA PASAR PRODUK UMKM KELOMPOK TENUN GUMESA DI DESA GIRI TEMBESI MELALUI DIGITAL MARKETING DAN INOVASI KEMASAN
DOI:
10.29303/wicara.v1i4.3367Diterbitkan:
2023-08-30Terbitan:
Vol 1 No 4 (2023): Jurnal Wicara DesaKata Kunci:
KKN, Digital, Marketing, Inovasi, KemasanArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Abstrak
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan implementasi dan konkretisasi dari pengabidan kepada masyarakat yang merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui kegiatan KKN Pengabdian Masyarakat Desa (PMD) di Desa Giri Tembesi, diharapkan akan ada transfer ilmu yang berkaitan dengan digital marketing dan inovasi kemasan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat desa tentang pentingnya digital marketing dan inovasi kemasan untuk memperluas potensi pasar produk UMKM di Desa. Untuk membangkitkan kesadaran tersebut dilakukan upaya-upaya yang terstruktur berupa, penyuluhan atau sosialisasi, hingga pendampingan langsung terhadap salah satu UMKM yakni Kelompok Tenun Dharma Yasa. Hasil kegiatan tersebut menunjukkan adanya peningkatan pemahaman pelaku UMKM akan pentingnya digital marketing dan inovasi kemasan.Referensi
Ardiyanto A. 2018. Analisis Penggunaan Media Sosial dalam Pengembangan UMKM di Desa Kemasan Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali. Skripsi. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Surakarta.
Astuti M, Agni Rizkita Amanda R A. 2020. Pengantar Manajemen Pemasaran. Deepublish
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2023. apjii.or.id, https://survei.apjii.or.id, di akses 17 Juli 2023
Belch, George E., Belch, Michal, A. 2009. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective, 8th Edition. New York: Pearson Education.
Dikria, O & Sri W. 2016. Pengaruh Literasi keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013. JPE Volume 9, Nomor 2
DJKN Kementerian Keuangan. 2020. UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html, di akses pada 1 Juli 2023.
Dinda D., Gunawan A. I., Najib, M.,F. 2021. Perancangan Aktivitas Pemasaran UMKM Percetakan Melalui Media Katalog. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 8 No. 1
Fernanda, Adista B. 2021. Manfaat Dan Pentingnya Digitalisasi Di Era Saat Ini. http://www.digitalbisa.id/artikel/manfaat-dan-pentingnya-digitalisasi-era- saat-ini-wxf4f, di akses 18 Agustus 2023
Thomas L. Wheelen Hunger and J. David Hunger .2008. Strategic Management and Business Policy. New Jersey : Prentice Hall Internasional.
Kotler, P. & Keller, K. L. 2016. Marketing Manajemen Edisi 15 Global Edition . England: Pearson Education Limited
Mukhsin. 2019. Manfaat Penerapan Marketing Online Menggunakan E-Commerce dan Media Sosial Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Teknokom Vol. 2 No. 1.
Mangifera, Pramesti, & Dewi. 2016. Efektifitas katalog sebagai media promosi bagi pengembangan UMKM di Kabupaten Sragen. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 43-47.
Njoto T. 2016. Pengaruh Desain Kemasan, Cita Rasa, Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bumi Anugerah. Performa : Jurnal Manajemen dan Start-Up Bismis Volume 1, Nomor 4.
Schiffman, L.G. & Wisenblit, J.L. 2015. Consumer Behavior Edisi 11 Global Edition. England : Pearson Education
T. Yeri. 2020. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pemasaran Minuman Di Banjarbaru, FISIPOL Uniska-bjm: https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwifte2LzOWAAxUT7zgGHUqTCFQQFnoECA4QAQ&url=http%3A%2F%2Feprints.uniska-bjm.ac.id%2F2001%2F1%2FARTIKEL%2520YERI%2520TRI%2520KURNIANTO%2520NPM%252016110062.pdf&usg=AOvVaw1SXziHg1R6EOeOTzk7T_dq&opi=89978449, di akses 18 Agustus 2023
Vocke P, Paulus K, Imelda O. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas, Promosi Dan Keunikan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Souvenir Amanda Collection. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol. 15 No. 15.