OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS DIGITALISASI MARKETING SEBAGAI MEDIA PROMOSI UMKM TENUN PULAU MARINGKIK
DOI:
10.29303/wicara.v1i1.2388Diterbitkan:
2023-02-20Terbitan:
Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Wicara DesaKata Kunci:
Digitalization Marketing, UMKM, WebsiteArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Abstrak
Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan wujud nyata dari dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni aspek pengabdian. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat Desa Pulau Maringkik, maka dapat terjalinnya sinergi antara perguruan tinggi Universitas Mataram dengan masyarakat Pulau Maringkik sebagai wujud Knowledge demokrasi. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang optimaliasi promosi tenun Pulau Maringkik melalui website dan berbasis digitalisasi marketing guna untuk membantu pemerintah dan masyarakat setempat untuk mengembangkan UMKM untuk menopang ekonomi Desa tersebut, serta menjawab masalah isu sosial ekonomi yang di wilayah tersebut. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi (1) persiapan pembelakan dan penyusuna proposal, (2) perencanaan meliputi kegiatan perancangan prototype website dan pembuatan roadmap kegiatan, (3) tahap dilaksanakan program pembuatan website, launcing website, dan bimbingan teknis pengelolaan website, (4) monitoring dilakukan untuk memastikan persebaran website kain tenun Pulau Maringkik di masyarakat, dan (5) Evaluasi dilaksanakan untuk melihat jumlah pengujung website dan jumlah penjualan selama hadirnya website. Selain itu, kelompok KKN juga terlibat dalam kegiatan lain yaitu mengajar ngaji di posko dan TPQ, senam pagi, pembuatan sanggar belajar pesisir, mengajar di SD dan SMP Satap Pulau Maringkik, belajar bersama anak-anak Pulau Maringkik (baca tulis, menggambar, dan mendongeng, Clean Up Day, penanaman bibit buah, mengajar tarian tradisional, dan gotong royong . Hasil kegiatan di atas menunjukan bahwa kegiatan KKN-T ini, telah mampu menjawab beberapa masalah dan kebutuhan masyarakat Desa Pulau Maringkik yang terakit dengan pemanfaat potensi desa dalam beberapa bidang sosial ekonomi dan sosial teknologi.Referensi
Aliyyah, R. R. (2018). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 2(2), 355–371.
Aliyyah, R. R., Fauziah, R., & Asiyah, N. (2017). Peningkatan Cinta Lingkungan Dan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Melalui Program Pengabdian Masyarakat Increased Love for the Environment and Empowerment of Rural Communities Through Community Service Programs. 46–60.
Ariyati, T. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 47–54. http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/55
Arrohimi, A. F., Syarafina, I., Adiatno, I., Aqmarina, T., Bahrudin. (2021). Upaya Optimalisasi Digital Marketing Untuk Pengembangan Umkm Masyarakat Desa Tanjung Anom Kabupaten Tangerang. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(5). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings
Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid-19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. In Abdimas Singkerru (Vol. 1, Issue 1). https://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru
Rahman, T., & Nurdian, Y. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Pemasaran Toko Roti Di Pabian Sumenep. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.4727
Rusmiati Aliyyah, R., Septriyani, W., Safitri, J., & Nur Paridotul Ramadhan, S. (2021). KULIAH KERJA NYATA: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN PENDAMPINGAN PENDIDIKAN. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(2), 663–676. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4122
Saat Ibnu Waqfin, M., Ramania Wulandari, S., Mamluatut Tifliya, F., Indrayani, S., Khoirur Roziqin, M., Agama Islam, P., & A Wahab Hasbullah, U. K. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM di Desa Kepuhdoko Jombang. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(3), 2774–7921.
Syardiansah. (2019). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa( Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017 ). Jim Upb, 7(Studi Kasus Mahasiswa Universitas SamudraKKN Tahun 2017), 57–68.
Widya, N., Romdanih, & Pudjiati, D. (2020). Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa melalui Strategi Membaca dan Berpikir Kritis Secara Langsung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 188–191.