PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGOLAHAN KACANG TANAH MENJADI PRODUK YANG BERNILAI EKONOMIS DI DESA TAMEKAN KABUPATEN SUMBAWA BARAT

  • Jurnal Wicara
  • Ismiati Universitas Cordova
  • Joni Ribowo Universitas Cordova
  • Sri Rohmuliaty Universitas Cordova
  • Juliana Universitas Cordova
  • Faradinah Universitas Cordova
  • Suhayni Universitas Cordova
  • Rosdayanti Universitas Cordova
  • Nadila Aprianingsih Universitas Cordova
  • Saeniah Universitas Cordova
  • Putri Huzaifah Universitas Cordova
  • Yeni Utamin Universitas Cordova
  • Muchsin Idrus
  • M. Adji Yudha Universitas Cordova
  • Rudy Candra Universitas Cordova
  • Ruslan Universitas Cordova
  • Abdul Hamid Universitas Cordova
  • Jun Suhardi Universitas Cordova
  • Yuliana Indriani Universitas Cordova
Kata Kunci: Pelatihan, pendampingan, pengolahan, kacang tanah

Abstrak

Desa Tamekan adalah salah satu pengahasil Kacang Tanah terbesar di Kabupaten Sumbawa Barat. Hasil panen petani kacang selalu berlimpah mencapai dua kali panen dalam setahun dengan total luas lahan sekitar 7 ha dan hasil panen 11 ton per tahun. Meskipun demikian, selama ini para petani masih menjual kacang dalam bentuk mentah dan harga yang sangat rendah. Masyarakat setempat juga belum memanfaatkan ketersediaan kacang untuk diolah dalam bentuk produk pangan lainnya yang menjanjikan peluang usaha. Oleh karena itu, kelompok mahasiswa KKN Universitas Cordova mengadakan kegiatan pelatihan dan pendampingan terhadap petani kacang dan ibu-ibu PKK dalam mengolah kacang tanah menjadi produk olahan unggulan Desa Tamekan yang siap untuk dipasarkan. Melalui kegiatan tersebut, pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam menghasilkan produk dari kacang meningkat secara signifikan. Adapun hasil olahan kacang tanah yang berhasil di produksi adalah kacang kribo dan kacang salut dan saat ini produk tersebut sudah dipasarkan di beberapa toko di Kabupaten Sumbawa Barat salah satunya di KSB Mall

Referensi

Asfar, A.M.I.A., Asfar, A.M.I.T., Thaha, S., Kurnia, A., dan Syaifullah, A. 2021. The Potential Processing of Rice Husk Waste as An Alternative Media for Ornamental Plants. Riau Journal of Empowerment, 4(3), 129–138.

Asfar, A.M.I.A, dan Asfar, A.M.I.T. 2021. Analysis of Molecular Stability on Waste Extracts of Trigona spp. Bees Haves. Ethanolically. Jurnal Bahan Alam Terbarukan, 10(2), 75–80.

Balista, H. 2017. Biofoam, Aman Bagi Manusia dan Linkungan. Biofoam Aman-Bagi-Manusia-danLinkungan. Diakses tanggal 7 maret 2021.

Darisman, T. 2022. Strategi Komunikasi Public Relation Mengenai Pencemaran Limbah Industri: Doctoral Dissertation, Fisip Unpas.

Etnayanti, E. 2022. Perilaku Masyarakat Pesisir dalam Pengelolaan Limbah dan Sampah Rumah Tangga Untuk Keberlanjutan Sumberdaya Laut Melalui Pendekatan Gender di Kepulauan Kapoposang Sulawesi Selatan.

Endah, K. 2020. Pemberdayaan Masyarakat: Menggali Potensi Lokal Desa. Jurnal Moderat Vol.6, 135-143.

Ibrahim. H, Amalia. R, Kasirang. A 2023. Prospek Pengembangan Usaha Tani Kacang Tanah di Desa Bijawang, Kecamatan Ujung Loe Bulukumba. Journal Agroecoteh Indonesia. DOI: http://doi.org/10.59638/jai.v2i01.37

Malik, A. 2016. Ekonomi kacang tanah tinjauan keunggulan komperatif dan perspektif pengembangkan. Jakarta. IAARD Press.

Novianto, E.D., Pradipta, M.S.I., Suwasdi, S., Mursilati, M. dan Purnomo, S.B. 2020. Pemanfaatan Limbah Agroindustri Kacang Tanah sebagai Media Pertumbuhan Mikrobia Probiotik Lactobacillus Bulgaricus. AGRITEKNO: Jurnal Teknologi Pertanian. 9 (1), 35-41.

Susilo, E., Novita, D., Warman, I., dan Parwito, P. 2021. Pemanfaatan Limbah Pertanian untuk Membuat Pupuk Organik di Desa Sumber Agung Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Pakdemas, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 7-12.

Sumiati, Asfar, A.M.I.T., Asfar, A.M.I.A., Aswan, A., Dahniar dan Hasanuddin, N. 2021. Habis Manis Sepah Jadi Uang: Pemanfaatan Ampas Tebu Menjadi Boneka Arang Aktif. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 400–407.

Wahyuni, N., Asfar, A.M.I.T., Asfar, A.M.I.A., Fitriani, A., Megawati, A., dan Ilham, M. 2020. Bambang Hot: Pengolahan Balsem Bangle Hot pada Kelompok Ibu PKK Desa Bulu Ulaweng sebagai Diseminasi Warisan Pengobatan Tradisional Bugis. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 119–126.

Widowati, S. 2012. Keunggulan Jagung QPM (Quality Protein Maize) dan Potensi

Pemanfaatannya dalam Meningkatkan Status Gizi. Jurnal Pangan, 21(2), 171-

Wulandari, F., & Batoro, J. 2016. Etnobotani Jagung (Zea mays L.) Pada Mayarakat

Lokal di Desa Pandansari Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang.

Biotropika: Journal of Tropical Biology, 4(1), 17-24.

Zhao, x, y., chen, J., Du, F, 2012. Potensi penggunaan produk sampingan kacang tanah dalam pengolahan makanan. Journal of food scienci and technology.

Diterbitkan
2023-08-30
##submission.howToCite##
Jurnal Wicara, Ismiati, Joni Ribowo, Sri Rohmuliaty, Juliana, Faradinah, Suhayni, Rosdayanti, Nadila Aprianingsih, Saeniah, Putri Huzaifah, Yeni Utamin, Muchsin Idrus, M. Adji Yudha, Rudy Candra, Ruslan, Abdul Hamid, Jun Suhardi, & Yuliana Indriani. (2023). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGOLAHAN KACANG TANAH MENJADI PRODUK YANG BERNILAI EKONOMIS DI DESA TAMEKAN KABUPATEN SUMBAWA BARAT. Jurnal Wicara, 1(4), 496-503. https://doi.org/10.29303/wicara.v1i4.3494