PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA MELALUI OPTIMALISASI DAN PROMOSI DI DESA SEGARA KATON
DOI:
10.29303/wicara.v1i6.3469Published:
2023-11-03Issue:
Vol. 1 No. 6 (2023): Jurnal Wicara DesaKeywords:
pariwisata, pengembangan destinasi wisataArticles
Downloads
How to Cite
Salehudin, S., Putra, D. A. ., Hakim, A. M. ., Dafarius, S. A. T. ., Putri, A. F. S. ., Abbas, A. S. ., … Aprilliya, F. . (2023). PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA MELALUI OPTIMALISASI DAN PROMOSI DI DESA SEGARA KATON. Jurnal Wicara Desa, 1(6), 1016–1021. https://doi.org/10.29303/wicara.v1i6.3469
Abstract
Pariwisata menjadi salah satu sektor pembangunan yang sangat erat kaitannya dengan pembangunan yang bersifat berkelanjutan sesuai dengan program pemerintah. Berbagai jenis bentuk destinasi wisata merupakan bukti keberagaman yang dimiliki oleh Desa Segara Katon merupakan cakupan sosial budaya yang perlu dijaga dan dilestarikan. secara administratif luas cakupan destinasi pariwisata di Desa Segara Katon dipandang sebagai kegiatan yang mempunyai multidimensi dari rangkaian suatu proses pembangunan yang bersifat berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan prosedur pendekatan penelitian yang bersifat kualitatif dan deskriptif. Metode dalam pencarian data dilakukan secara langsung terjun ke lapangan, dimana perolehan data secara langsung merupakan data primer dan data sekunder. sedangkan di daerah pantai mutiara dusun karang jurang dilakukan dengan metode action center : save our earth untuk membersihkan pesisir pantai dari sampah dan pemasanga penunjuk arah pada air terjun tiu pupus. dari semua kegiatan yang dilakukan selama menjalankan KKN di Desa Segara Katon direkam untuk dijadikan bahan video promosi wisata. dari hasil pelaksanaan KKN di Desa Segara Katon, saran yang kami usulkan terhadap pemerintah desa agar melakukan pengelolaan wisata segara katon dengan cara (1) Mengaktifkan POKDARWIS Segara Katon sebagai pengembangan wisata khususnya kepada masyarakat lokal sebagai pelaku atraksi desa,(2) Mengurus legalitas pengelolaan yang perlu di urus dengan Dinas Pariwisata Lombok Utara.References
Ahdiati, T. (2020). Kearifan Lokal dan Pengembangan Identitas untuk Promosi Wisata Budaya di Kabupaten Banyumas. Jurnal Pariwisata Terapan, 4(1), 25. https://doi.org/10.22146/jpt.50417
Ariyani Sofia, L., Syamsu Hidayat, A., Muhammad Adnan Zain Fakultas Perikanan dan Kelautan, dan, & Studi Agrobisnis Perikanan, P. (2020). OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI WISATA PANTAI ASMARA. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 5(2), 133–143.
Destinasi, P., Dan, W., Wisatawan, K., Minat, T., Kembali, B., Wisata, K., Malang, T., Alvianna, S., & Alviandra, R. (2020). Tourism View project. SENORITA, 1(1), 248–257. https://www.researchgate.net/publication/346853527
Dyah Eka Noviyanti, U., Nilzam Aly, M., Fiatiano, E., Studi DII Kepariwisataan, P., Wisata, B., Vokasi, F., & Srikana No, J. (2018). POTENSI PENGEMBANGAN KAMPUNG WISATA LAWAS MASPATI SEBAGAI DESTINASI WISATA BARU SURABAYA. In Jurnal Sains Terapan Pariwisata (Vol. 3, Issue 2). www.surabaya.go.id
Fuady, I., Ramadhan, T., Sunarya, M. A., & Hisyam, G. (2020). HUBUNGAN TERPAAN PROMISI WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE OBJEK WISATA CITUMANG. 7(1). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp
Haris Wiratna dan Rahmatsyam Lakoro. (2017). Perancangan Video Promosi Wisata Pantai Kabupaten Jember dengan Konsep Sinematik Infografis. JURNAL SAINS DAN SENI ITS, 6(2), 94–99.
Heryati, Y. (2019). POTENSI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA PANTAI TAPANDULLU DI KABUPATEN MAMUJU. In GROWTH Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan (Vol. 1, Issue 1).
Indiyati, D., Nur Khusnia, H., & Chotijah, S. (2020). Optimalisasi Gerakan Sadar Wisata melalui Produksi Video Promosi Desa Wisata. 5(2), 603. https://doi.org/10.30653/002.202052.510
Pramono, A., Dwimawanti, I. H., Profesor, J., & Sudharto, H. (n.d.). Strategi Pengembangan Obyek Wisata Pantai di Kabupaten Gunungkidul Oleh.
PROFILE DESA SEGARA KATON. (n.d.).
Setiawan, F., & Halimah, N. (2019). Optimalisasi Kesenian Tradisional Bernuansa Islami sebagai Salah Satu Destinasi Wisata Syariah di Madura. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam Dinar, 6(2), 32–45. https://doi.org/10.21107/dinar
Silvitiani, K., Yulianda, F., & Siregar, V. P. (2018). PERENCANAAN PENGEMBANGAN WISATA PANTAI BERBASIS POTENSI SUMBERDAYA ALAM DAN DAYA DUKUNG KAWASAN DI DESA SAWARNA, BANTEN (Coastal Tourism Development Based on Natural Resources and Carrying Capacity in Sawarna Village, Banten). Jurnal Manusia Dan Lingkungan, 24(2), 66. https://doi.org/10.22146/jml.23076
Wahyuni, I. N., & Tamami, N. D. B. (2021). Preferensi Wisatawan Terhadap Destinasi Wisata Pantai Camplong Kabupaten Sampang. Pamator Journal, 14(1), 51–60. https://doi.org/10.21107/pamator.v14i1.9536
Wicaksono, B., Muchran, M., & Basri, A. I. (2023). Pengembangan Wisata Watu Gendong Melalui Optimalisasi Manajemen dan Promosi Digital di Desa Beji Kabupaten Gunung Kidul. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1), 1. https://doi.org/10.33394/jpu.v4i1.6439
Ariyani Sofia, L., Syamsu Hidayat, A., Muhammad Adnan Zain Fakultas Perikanan dan Kelautan, dan, & Studi Agrobisnis Perikanan, P. (2020). OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI WISATA PANTAI ASMARA. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 5(2), 133–143.
Destinasi, P., Dan, W., Wisatawan, K., Minat, T., Kembali, B., Wisata, K., Malang, T., Alvianna, S., & Alviandra, R. (2020). Tourism View project. SENORITA, 1(1), 248–257. https://www.researchgate.net/publication/346853527
Dyah Eka Noviyanti, U., Nilzam Aly, M., Fiatiano, E., Studi DII Kepariwisataan, P., Wisata, B., Vokasi, F., & Srikana No, J. (2018). POTENSI PENGEMBANGAN KAMPUNG WISATA LAWAS MASPATI SEBAGAI DESTINASI WISATA BARU SURABAYA. In Jurnal Sains Terapan Pariwisata (Vol. 3, Issue 2). www.surabaya.go.id
Fuady, I., Ramadhan, T., Sunarya, M. A., & Hisyam, G. (2020). HUBUNGAN TERPAAN PROMISI WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE OBJEK WISATA CITUMANG. 7(1). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp
Haris Wiratna dan Rahmatsyam Lakoro. (2017). Perancangan Video Promosi Wisata Pantai Kabupaten Jember dengan Konsep Sinematik Infografis. JURNAL SAINS DAN SENI ITS, 6(2), 94–99.
Heryati, Y. (2019). POTENSI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA PANTAI TAPANDULLU DI KABUPATEN MAMUJU. In GROWTH Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan (Vol. 1, Issue 1).
Indiyati, D., Nur Khusnia, H., & Chotijah, S. (2020). Optimalisasi Gerakan Sadar Wisata melalui Produksi Video Promosi Desa Wisata. 5(2), 603. https://doi.org/10.30653/002.202052.510
Pramono, A., Dwimawanti, I. H., Profesor, J., & Sudharto, H. (n.d.). Strategi Pengembangan Obyek Wisata Pantai di Kabupaten Gunungkidul Oleh.
PROFILE DESA SEGARA KATON. (n.d.).
Setiawan, F., & Halimah, N. (2019). Optimalisasi Kesenian Tradisional Bernuansa Islami sebagai Salah Satu Destinasi Wisata Syariah di Madura. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam Dinar, 6(2), 32–45. https://doi.org/10.21107/dinar
Silvitiani, K., Yulianda, F., & Siregar, V. P. (2018). PERENCANAAN PENGEMBANGAN WISATA PANTAI BERBASIS POTENSI SUMBERDAYA ALAM DAN DAYA DUKUNG KAWASAN DI DESA SAWARNA, BANTEN (Coastal Tourism Development Based on Natural Resources and Carrying Capacity in Sawarna Village, Banten). Jurnal Manusia Dan Lingkungan, 24(2), 66. https://doi.org/10.22146/jml.23076
Wahyuni, I. N., & Tamami, N. D. B. (2021). Preferensi Wisatawan Terhadap Destinasi Wisata Pantai Camplong Kabupaten Sampang. Pamator Journal, 14(1), 51–60. https://doi.org/10.21107/pamator.v14i1.9536
Wicaksono, B., Muchran, M., & Basri, A. I. (2023). Pengembangan Wisata Watu Gendong Melalui Optimalisasi Manajemen dan Promosi Digital di Desa Beji Kabupaten Gunung Kidul. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1), 1. https://doi.org/10.33394/jpu.v4i1.6439