PENDAMPINGAN PENGGUNAAN GOOGLE COLAB PADA PEMBELAJARAN PYTHON DAN MACHINE LEARNING BAGI DOSEN MATEMATIKA DI PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.29303/pepadu.v6i1.6457Kata Kunci:
Matematika, Google, Google Colab, Python, Machine LearningAbstrak
Pembelajaran dan penelitian di perguruan tinggi mengalami banyak tantangan dan masalah, terutama di masa setelah pandemi Covid-19. Namun, seiring berjalannya waktu, tantangan ini dapat diatasi dengan menggunakan platform pembelajaran online seperti Moodle University, Zoom, Google Meeting, dan Microsoft Teams. Akan tetapi, di bidang penelitian, hal ini belum sepenuhnya diselesaikan. Terkadang sulit bagi tim peneliti untuk bekerja sama dalam penelitian. Catatan penelitian atau logbook penelitian tidak mudah dikirim melalui email. Selain itu, catatan penelitian seperti pemrograman komputer, membutuhkan penanganan langsung pada program yang telah dibuat tanpa melakukan copy paste. Penelitian Matematika juga membutuhkan akses cepat dan dinamis. Google Colab adalah kolaborasi Google yang menyediakan alat gratis dan berbasis cloud untuk pendidikan dan penelitian. Google Colab sangat menarik perhatian karena memberi pengguna akses gratis ke layanan GPU sebagai backend komputasi yang dapat digunakan selama 12 jam sekaligus. Jika ingin belajar Python dan machine learning, maka tidak perlu membeli komputer dengan GPU tambahan. Pada praktiknya, proses pelatihan (training) pada kedua bidang ini cukup sulit, terutama jika perangkat yang dimiliki tidak memadai. Sangat penting bagi dosen Matematika di Palembang untuk mendapatkan pendampingan karena pengetahuan dosen tentang Google Colab masih sangat rendah. Tim pelaksana melakukan kegiatan pendampingan penggunaan Google Colab untuk pembelajaran mesin dan Python melalui platform Zoom. Kegiatan terdiri dari beberapa tahapan dengan penjelasan, tutorial, dan praktek.