PENDAMPINGAN PEMANFAATAN APLIKASI WORDWALL SEBAGAI GAME BASED LEARNING PADA GURU-GURU SD

  • Jurnal Pepadu
  • Evi Yuliza Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya
  • Putra Bahtera Jaya Bangun Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya
  • Robinson Sitepu Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya
  • Elisa Nurnawati Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya
  • Fitri Maya Puspita Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya
  • Sisca Octarina Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya
  • Indrawati Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya
Keywords: pendampingan, wordwall, game, based learning, pembelajaran

Abstract

Wordwall adalah aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, menjodohkan pasangan, anagram, acak kata, pencarian kata dan mengelompokkan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan aplikasi wordwall bagi guru-guru sebagai game based learning sehingga proses pembelajaran menjadi terstruktur, terarah dan menarik. Melalui kegiatan pengabdian ini, guru-guru dapat memahami aplikasi wordwall dan dapat mengaitkan dengan persoalan materi pelajaran. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diberikan pendampingan pemahaman aplikasi wordwall sebagai based learning sehingga  proses pembelajaran menjadi menyenangkan, menarik dan inovatif. Metode yang diterapkan dalam kegiatan pendampingan ini adalah melalui ceramah dan diskusi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada guru-guru SD terdiri dari 3 tahap, yaitu pemberian materi, diskusi dan evaluasi. Hasil dari  kegiatan pengabdian kepada masyarakat memberikan peningkatan pemahaman guru-guru SD terhadap aplikasi wordwall sebagai based game learning sehingga menciptakan proses pembelajaran yang bervariasi, menarik dan inovatif.
Published
2023-02-01
How to Cite
Pepadu, J., Yuliza, E., Bangun, P. B. J., Sitepu, R., Nurnawati, E., Puspita, F. M., Octarina, S., & Indrawati. (2023). PENDAMPINGAN PEMANFAATAN APLIKASI WORDWALL SEBAGAI GAME BASED LEARNING PADA GURU-GURU SD. Jurnal Pepadu, 4(1), 103-108. https://doi.org/10.29303/pepadu.v4i1.2231

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>