PELATIHAN MANAJEMEN AUDIO DIGITAL DI PONDOK PESANTREN DARUL WAFA PEJARAKAN KECAMATAN AMPENAN KOTA MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/pepadu.v5i4.5923Keywords:
Audio, Pondok Pesantren, Darul Wafa, Tahfidzul Qur’an, Musabaqah Tilawatil Qur’anAbstract
Peralatan audio digital menjadi bagian yang tidak terpisahkan untuk mendukung kelancaran kegiatan belajar mengajar maupun acara lomba-lomba yang diselenggarakan di Sekolah ataupun di Pondok Pesantren. Penggunaan peralatan audio juga perlu memperhatikan lokasi ruangannya (indoor atau outdoor), posisi pendengar dan spesifikasi peralatan audionya. Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Wafa Mataram termasuk sekolah penghafal Al Qur’an yang memanfaatkan teknologi audio digital untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, ujian tahfidzul quran dan lomba lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang biasanya diadakan di aula sekolah. Namun peralatan audio yang tersedia masih belum maksimal sehingga kualitas audio yang dihasilkan juga belum optimal. Pengeras suara yang dimiliki sebanyak 1 buah dengan daya sebesar 120 watt, kondisi pengaturan audio ini masih kurang sehingga perlu peningkatan kualitas manajemen audio melalui kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat. Kegiatannya dalam bentuk pelatihan yang dapat memberi pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen audio digital, berupa pelatihan instalasi, revitalisasi peralatan, pemberian workshop dalam penggunaan dan perawatan peralatan audio kepada Pengelola Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Wafa Mataram. Hasil kegiatannya menunjukkan bahwa kualitas audio yang dihasilkan semakin baik dari sebelumnya dan dapat digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar serta kegiatan lomba tahfidzul Qur’an. Selain itu daya audio yang dihasilkan bertambah menjadi 240 watt.Downloads
Published
2024-10-30
How to Cite
Ariessaputra, S., Ch, S., Darmawan, B., Paniran, P., & Muvianto, C. M. O. (2024). PELATIHAN MANAJEMEN AUDIO DIGITAL DI PONDOK PESANTREN DARUL WAFA PEJARAKAN KECAMATAN AMPENAN KOTA MATARAM. Jurnal Pepadu, 5(4), 736–745. https://doi.org/10.29303/pepadu.v5i4.5923
Issue
Section
Articles