SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN SEKOLAH DI SDN 15 AMPENAN, NUSA TENGGARA BARAT

Authors

  • Suprayanti Dewi University of Mataram image/svg+xml
  • Kisman Kisman , Fakultas Pertanian Universitas Mataram
  • Ananda Wahidah , FKIP, Universitas Mataram
  • Fitriannisa F Zubaidi , Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Mataram
  • Sri Maryanti , Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pepadu.v5i2.4830

Keywords:

lahan pekarangan, sekolah, hortikultura, tanaman obat, pendampingan, sosialisasi

Abstract

Tim pengabdian melakukan kegiatan pengabdian bertempat di SDN 15 Ampenan, sebuah sekolah dasar negeri di Pulau Lombok, dengan tema pemanfaatan lahan tidak termanfaatkan di pekarangan sekolah. Kegiatan ini meliputi empat kegiatan yaitu observasi, koordinasi, sosialisasi dan pendampingan penanaman tanaman hortikultura dan tanaman obat. Tahap pertama yaitu observasi dan koordinasi yang dilakukan pada bulan Maret 2024.  Permasalahan yang mendasar dalam pengembangan budidaya pekarangan adalah lokasi lahan sebagai calon lokasi penanaman sedikit ternaungi oleh bangunan kelas dan tembok. Tanaman yang sesuai dengan kondisi lahan yang telah dibersihkan secara bergotong royong setelah survey pendahuluan adalah tanaman kangkung darat, tomat, cabai, terung bulat dan terung Panjang, lengkuas, lidah buaya serta jahe. Setelah tim pelaksana menginisiasi pemanfaatan lahan dalam budidaya tanaman hortikultura, diperoleh hasil berupa pendampingan pemanfaatan lahan pekarangan sekolah berjalan dengan baik. Selain sebagai wadah pembelajaran proses tumbuh kembang tanaman, kegiatan ini jika diterapkan di rumah-rumah siswa diharapkan lebih lanjut dapat menjamin ketahanan pangan bagi keluarganya. Dukungan berkala ini harus dilakukan secara berkesinambungan sebagai bentuk tanggung jawab moral untuk memberikan dukungan, menumbuhkan komitmen, dan meningkatkan sumber daya manusia di bidang terkait.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN SEKOLAH DI SDN 15 AMPENAN, NUSA TENGGARA BARAT. (2024). Jurnal Pepadu, 5(2), 223-229. https://doi.org/10.29303/pepadu.v5i2.4830

Most read articles by the same author(s)