PEMANFAATAN DANA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PNM DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI KOTA PEKANBARU

Authors

Jurnal Pepadu , Machasin Machasin , Taufiqurrahman Taufiqurrahman , Ezky Tiyasiningsih

DOI:

10.29303/pepadu.v3i2.2480

Published:

2023-04-24

Issue:

Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal PEPADU

Keywords:

Corporate Social Responsibility, daya saing, usaha mikro kecil menengah

Articles

Downloads

How to Cite

Pepadu, J. ., Machasin, M., Taufiqurrahman, T., & Tiyasiningsih, E. . (2023). PEMANFAATAN DANA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PNM DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI KOTA PEKANBARU. Jurnal Pepadu, 3(2), 260–273. https://doi.org/10.29303/pepadu.v3i2.2480

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk memperoleh bukti-bukti empirik dan menemukan kejelasan tentang Pemanfaatan Dana CSR PT. PNM dalam meningkatkan daya saing UMKM di Kota Pekanbaru. Seberapa besar peningkatan daya saing UMKM sesudah mendapat program Corporate Social Responsibility (CSR), dan bagaimana menciptakan skema kemitraan pemberdayaan UMKM yang mampu mencitakan keunggulan dengan melibatkan seluruh stakeholder dalam meningkatkan daya saing UMMK. Metode yang digunakan dalam menganalisis data pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pedekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang berbagai fenomena, yang hendak diperoleh oleh peneliti dalam mengkaji program CSR dan dampak bagi UMKM penerima program. Selanjutnya dalam analisis data juga digunakan metode Bayes yaitu suatu metode pendekatan secara statistik untuk menghitung tradeoffs diantara keputusan yang berbeda-beda, dengan menggunakan probabilitas yang menyertai suatu pengambilan keputusan tersebut. Dari data hasil perhitungan Daya Saing dengan menggunakan metode bayes berdasarkan jenis usaha menunjukkan sebagian besar usaha statusnya masih berpotensi memiliki Daya Saing yaitu jenis usaha perkebunan sebesar 20%, usaha perdagangan sebesar 16,70%, ternak dan kedai harian sebesar 13%, jasa dan jenis usaha lainnya sebesar 10% dan rumah makan sebesar 6,70%. Serta jenis usaha lainnya sebesar 6,7%. Sedangkan status usaha yang Berda ya Saing terdapat pada jenis usaha rumah makan, kedai harian dan perkebunan.

Author Biographies

Machasin Machasin, Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Riau

Taufiqurrahman Taufiqurrahman, Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Riau

Ezky Tiyasiningsih, Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Riau

Most read articles by the same author(s)

<< < 9 10 11 12 13 14 15 > >>