WORKSHOP TEKNIK PEMBIMBINGAN MAHASISWA PESERTA PRAKTEK PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN BAGI GURU- PAMONG DALAM MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR

Authors

Jurnal Pepadu , Wahab Jufri , Dadi Setiadi , Sukardi Sukardi , Gunawan Gunawan , Heri Setiawan

DOI:

10.29303/pepadu.v2i3.2223

Published:

2021-11-29

Issue:

Vol. 2 No. 3 (2021): Jurnal PEPADU

Keywords:

pembimbingan, penilaian, pengenalan lapangan persekolahan

Articles

Downloads

How to Cite

Pepadu, J. ., Jufri, W., Setiadi, D. ., Sukardi, S., Gunawan, G., & Setiawan, H. . (2021). WORKSHOP TEKNIK PEMBIMBINGAN MAHASISWA PESERTA PRAKTEK PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN BAGI GURU- PAMONG DALAM MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR. Jurnal Pepadu, 2(3), 329–336. https://doi.org/10.29303/pepadu.v2i3.2223

Abstract

ABSTRAK Pengembangan kompetensi mahasiswa calon guru merupakan hal yang penting dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru  di tingkat satuan pendidikan menengah. Pengembangan tersebut salah satunya melalui mata kuliah  PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) yang dilaksanakan  di satuan pendidikan dimana dibutuhkan guru pamong sebagai pembimbing dalam pelaksanaannya. Tujuan kegiatan pengabdian adalah  untuk Mengembangkan pemahaman guru pamong SMA/MA Kabupaten Lombok Barat dalam membimbing dan mengevaluasi kemampuan mahasiswa menyusun perangkat pembelajaran; Mengembangkan keterampilan guru guru dalam membimbing dan mengevaluasi mahasiswa peserta PLP. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah melalui workshop yang lebih berbasis pada praktek langsung tentang teknik pembimbingan dan penilaian mahasiswa peserta PLP agar dapat meningkatkan kemampuan dalam mengarahkan dan membimbing mahasiswa peserta PLP. Hasil menunjukan bahwa 82% para guru pamong telah  memiliki pemahaman  secara komprehensif mengenai teknik-teknik pembimbingan  mahasiswa,  teknik-teknik mengevaluasi proses dan hasil pelaksanaan, mendesain instrumen observasi dan membimbing mahasiswa, mengevaluasi proses dan hasil serta membimbing penyusunan laporan PLP. Namun belum perlu penguatan tentang pelaksanaan merdeka belajar bagi mahasiswa di satuan pendidikan  Kemampuan guru pamong bisa mendukung kualitas pelaksanaan PLP dan kompetensi mahasiswa FKIP UNRAM peserta PLP.

Author Biographies

Wahab Jufri, Pendidikan Bilogi, FKIP Universitas Mataram

Dadi Setiadi, Pendidikan Bilogi, FKIP Universitas Mataram

Sukardi Sukardi, Pendidikan Sosiologi, FKIP Universitas Mataram

Gunawan Gunawan, Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Mataram

Heri Setiawan, PGSD, FKIP Universitas Mataram

Most read articles by the same author(s)

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >>