PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS MATARAM

Authors

Jurnal Pepadu , Siti Rohana Hariana I , Syaiful Musaddat , Saharudin Saharudin , Muh. Khairussibyan , Rahmad Hidayat

DOI:

10.29303/pepadu.v2i3.2219

Published:

2021-11-29

Issue:

Vol. 2 No. 3 (2021): Jurnal PEPADU

Keywords:

pengabdian, lesson study, pembinaan, dosen muda

Articles

Downloads

How to Cite

Pepadu, J. ., I, S. R. H., Musaddat, S. ., Saharudin, S., Khairussibyan, M. ., & Hidayat, R. . (2021). PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS MATARAM. Jurnal Pepadu, 2(3), 311–319. https://doi.org/10.29303/pepadu.v2i3.2219

Abstract

ABSTRAK   Hasil observasi awal menunjukkan bahwa terdapat beberapa kekurangan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh dosen muda (dosen baru) di prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram. Kekurangan-kekurangan dimaksud antara lain berupa: Pertama, RPS yang digunakan mengajar merupakan adopsi utuh atau copy paste dari RPS beberapa tahun sebelumnya tanpa disesuaikan dengan situasi dan kondisi mahasiswa serta hasil pengembangan RPS mutakhir dari Lembaga Penjamin Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Unram. Kedua, RPS yang disusun belum rinci dan tidak dilengkapi dengan Rencana Tugas Mahasiswa (RTM) serta instrumen penilaian. Ketiga, dalam hal pelaksanaan pembelajaran, dosen muda (baru) masih belum banyak menggunakan sumber belajar yang variatif sehingga pembelajaran terkesan membosankan. Oleh karena itu, pembinaan terhadap dosen muda di prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia harus terus dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan. Dalam hal ini, dosen muda (baru) akan dilatih merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan pola Lesson Study for Learning Community. Lesson study ini  menggunakan metode siklus yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Siklus I dimulai dari tanggal 1 Oktober dan siklus II dimulai pada tanggal 1 November 2020. Hambatan dan kekurangan pada siklus I lebih banyak disebabkan oleh metode pembelajaran daring. Hambatan dan kekurangan tersebut berhasil dicarikan solusinya pada siklus II.

Author Biographies

Siti Rohana Hariana I, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Mataram

Syaiful Musaddat, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Mataram

Saharudin Saharudin, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Mataram

Muh. Khairussibyan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Mataram

Rahmad Hidayat, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Mataram

Most read articles by the same author(s)

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >>