ANALISIS METODE BRAINSTORMING DALAM KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA KULIAH LANDASAN PEDAGOGIK MAHASISWA PGSD

Penulis

  • Rizka Novi Irmaningrum Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Sains, Teknologi, dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Oriza Zativalen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Sains, Teknologi, dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • M. Arif Nur Hidayat Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Sains, Teknologi, dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.2981

Kata Kunci:

Metode brainstorming, Kemampuan berpikir kritis

Abstrak

Pada mata kuliah landasan pedagogik masih banyak mahasiswa yang belum mampu mencapai kemampuan berpikir kritis dalam menghadapi masalah sesuai dengan materi landasan pedagogik. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya metode pembelajaran yang tepat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana analisis metode brainstorming dalam kemampuan berpikir kritis pada mata kuliah landasan pedagogik mahasiswa PGSD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis metode brainstorming dalam kemampuan berpikir kritis pada mata kuliah landasan pedagogik mahasiswa PGSD. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester II S1 PGSD Universitas Muhammadiyah Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil Penelitian yang didapatkan dari wawancara, observasi, angket dan studi dokumentasi pada mahasiswa PGSD semester II bahwa penerapan metode brainstorming dalam mata kuliah landasan pedagogik mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang terlihat dengan adanya berbagai ide-ide kreatif yang disampaikan dalam proses perkuliahan di kelas. Mahasiswa diberi kesempatan yang lebih luas untuk menyampaikan gagasanya tanpa batas terhadap berbagai masalah mata kuliah landasan pedagogik. Metode brainstorming dapat mengembangkan sikap ilmiah dan kreatifitas mahasiswa lebih baik. Hasil observasi juga memperlihatkan semua ide yang disampaikan diterima dengan baik dan secara bersama mencari solusi yang tepat untuk permasalahan landasan pedagogik yang muncul saaat diskusi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode brainstorming dalam perkuliahan landasan pedagogik dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah mahasiswa.

Referensi

Ardiansyah H. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstroming terhadap Kemampuan Berpikir Kritis berdasarkan Kemampuan Awal Peserta Didik. Indonesian Journal of Economics Education, 1(1), 93. https://doi.org/10.17509/jurnal

Arikunto S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Darningwati, Lestari Y., S. B. (2020). Keefektifan Penerapan Metode Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Teks Berita. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(1), 52–66. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.4127

Ersa M. D., Destiansari E., Syarifah, A. T. D. (2023). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Materi Sistem Pencernaan Manusia. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, IX(1), 142–153.

Irmaningrum, R. N., & Khasanah, L. A. I. U. (2021). Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 50–63. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/1162%0Ahttp://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/download/1162/877

Irmaningrum, R. N., Zativalen., & Khasanah, L. A. I. U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Mahasiswa Program Studi PGSD Pada Mata Kuliah Sumber Dan Media Pembelajaran. 1(1), 48–60. https://doi.org/10.33654/pgsd

Irmaningrum, R. N., Zativalen, O., & Ati MZ, A. . S. (2023). the Development of E-Comics Media Based on the Vark Model To Measure the Understanding of Elementary School Students. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 15(1), 85–96. https://doi.org/10.17509/eh.v15i1.51780

Khairani, V. F., Yusepa, B., Putra, G., & Pasundan, U. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikr Kritis Matematis Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Matematika Knisley Dengan Metode Brainstorming. Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(1), 1–16.

Nurafriani, N. S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming (Curah Gagasan) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika. IAIN Syeh Nurjati Cirebon, 66, 37–39.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Suhirno, P. H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Brainstorming Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Di kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(1), 48–55.

Diterbitkan

2023-06-20

Cara Mengutip

Irmaningrum, R. N., Zativalen, O., & Hidayat, M. A. N. (2023). ANALISIS METODE BRAINSTORMING DALAM KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA KULIAH LANDASAN PEDAGOGIK MAHASISWA PGSD. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.2981

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama