HUBUNGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1V SDN GUGUS 2 KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • Kartini Ilmiah PMahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • A Hari Witono Prodi PGSD FKIP Universitas Mataram
  • I Nyoman Karma

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.65

Kata Kunci:

Teacher's Communication Ability, Learning Motivation in Indonesian Language Subjects

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berkomunikasi guru dengan  motivasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara tahun pelajaran 2020/2021. Populasi dalam  penelitian  ini  adalah siswa kelas IV sebanyak 142 siswa. Sampel sebanyak 104 siswa yang diambil  dengan teknik probability proportional random sampling dan besar sampel digunakan rumus Slavin. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment, hasil analisis data didapatkan r hitung sebesar 0,444 dan r tabel sebesar 0.1909 (r hitung ≥ r tabel) maka Ha di terima dan Ho di tolak, artinya ada Hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan kategori sedang.

Diterbitkan

2020-12-20

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

HUBUNGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1V SDN GUGUS 2 KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. (2020). JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 1(2), 90-96. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.65

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama