HUBUNGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1V SDN GUGUS 2 KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Kartini Ilmiah PMahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • A Hari Witono Prodi PGSD FKIP Universitas Mataram
  • I Nyoman Karma

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.65

Keywords:

Teacher's Communication Ability, Learning Motivation in Indonesian Language Subjects

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berkomunikasi guru dengan  motivasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara tahun pelajaran 2020/2021. Populasi dalam  penelitian  ini  adalah siswa kelas IV sebanyak 142 siswa. Sampel sebanyak 104 siswa yang diambil  dengan teknik probability proportional random sampling dan besar sampel digunakan rumus Slavin. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment, hasil analisis data didapatkan r hitung sebesar 0,444 dan r tabel sebesar 0.1909 (r hitung ≥ r tabel) maka Ha di terima dan Ho di tolak, artinya ada Hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan kategori sedang.

Downloads

Published

20-12-2020

How to Cite

HUBUNGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1V SDN GUGUS 2 KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. (2020). Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 1(2), 90-96. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.65

Most read articles by the same author(s)