ANALISIS KESIAPAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE (E-LEARNING) DI SDN PRAYITNA PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.59Kata Kunci:
Teacher readiness, Application of E-learning, 6 aspects of readinessAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam 
penerapan e-learning di SDN Prayitna Praya kabupaten Lomok Tengah
Penelitian ini merupakan penlitian deskriptif kualitatif. Responden 
dipilih dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui hasil 
angket (kuesioner), wawancara terstruktur, dan dokumentasi. 
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 6 aspek 
kesiapan dalam penerapan e-learning terdapat seluruh aspek 
dikategorikan siap, tapi masih butuh sedikt peningkatan. Adapun 6
aspek yang masuk dalam kategori siap adalah aspek fisik dengan skor 
ð‘‹Ì… = 3,56. Aspek mental dengan skor ð‘‹Ì… = 3,45. Aspek emosional dengan 
skor ð‘‹Ì… = 4,15. Aspek kebutuhan memperoleh skor ð‘‹Ì… = 3,92. Aspek 
keterampilan memperoleh skor ð‘‹Ì… = 3.58. Aspek pengelolaan e-learning
memperoleh skor ð‘‹Ì… = 4.14. Hal ini menunjukkan bahwa kesiapan guru 
dalam penerapan e-learning di SDN Prayitna Praya kabupaten Lomok 
Tengah ini dikategorikan siap, tetapi membutuhkan sedikit peningkatan.
 
						 
							









