PAPAN PINTAR PROFESI: MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI SARANA PENGENALAN KONSEP KARIR PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v4i2.3439Kata Kunci:
bimbingan konseling, papan pintar, konseling karirAbstrak
tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan papan pintar berbasis papan flannel guna mengenalkan konsep karir dalam menunjang tugas guru SD melaksanakan bimbingan dan konseling. Jenis penelitian yang diguanakan yaitu penelitian pengembangan dengan model 4D (definie, design, develop, deseminate). Subjek coba yaitu ahli BK, ahli media, guru SD, dan 9 siswa dari kelas IV SD. Instrumen yang digunakan yaitu angket kelayakan ahli dan kepraktisan pengguna. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif untuk data kritik dan saran dari ahli dan pengguna, serta analisis kuantitatif untuk nilai dari ahli dan pengguna. Hasil uji ahli BK menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memperoleh nilai 79,5 (layak) dan penilaian ahli media dan praktisi memperoleh nilai 82,5 (layak). Hail uji lapangan diperoleh nilai 83 (praktis). Dari hasil uji ahli dan uji lapangan diperoleh kesimpulan bahwa media papan pintar yang dikembangkan layak dan praktis untuk digunakan dalam bimbingan konseling dan karir di sekolah dasar.