PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 10 MATARAM

Authors

Jumiati Jumiati , Arjudin Arjudin , Awal N. K Rosyidah

DOI:

10.29303/pendas.v1i1.54

Published:

20-06-2020

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2020): Juni 2020

Keywords:

alat peraga blok pecahan, hasil belajar, matematika SD

Articles

Downloads

How to Cite

Jumiati, J., Arjudin, A., & Rosyidah, A. N. K. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 10 MATARAM. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 1(1), 44–52. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.54

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar matematika materi pecahan di kelas III SDN 10 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III A yang merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan alat peraga blok pecahan, sedangkan kelas III B merupakan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan khusus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika materi pecahan. Data yang diperoleh diuji menggunakan uji t (t-test polled varians) pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata (post-test) hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen menggunakan alat peraga blok pecahan adalah 78,75. Sedangkan nilai rata-rata (post-test) hasil belajar matematika siswa pada kelas kontrol dengan tidak menggunakan alat peraga blok pecahan adalah 71,29. Sesuai dengan kriteria uji statistik, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 10 Mataram tahun ajaran 2018/2019.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Indriani, Ari. 2018. Penggunaan Blok Pecahan pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 3 Nomor 1: 11-16.
Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. 2014. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Subarinah, Sri. 2010. Pendidikan Matematika Kelas Rendah. Mataram: Universitas Mataram.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuamtitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukayati dan Suharjana, Agus. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran di SD. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
52 Vol.

Author Biographies

Jumiati Jumiati, a:1:{s:5:"en_US";s:39:"Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram";}

Arjudin Arjudin, Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram

Awal N. K Rosyidah, PGSD FKIP UNRAM