Main Article Content

Jumiati Jumiati
Arjudin Arjudin
Awal N. K Rosyidah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar matematika materi pecahan di kelas III SDN 10 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III A yang merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan alat peraga blok pecahan, sedangkan kelas III B merupakan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan khusus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika materi pecahan. Data yang diperoleh diuji menggunakan uji t (t-test polled varians) pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata (post-test) hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen menggunakan alat peraga blok pecahan adalah 78,75. Sedangkan nilai rata-rata (post-test) hasil belajar matematika siswa pada kelas kontrol dengan tidak menggunakan alat peraga blok pecahan adalah 71,29. Sesuai dengan kriteria uji statistik, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 10 Mataram tahun ajaran 2018/2019.

Article Details

How to Cite
Jumiati, J., Arjudin, A., & Rosyidah, A. N. K. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 10 MATARAM. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 1(1), 44-52. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.54
References
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Indriani, Ari. 2018. Penggunaan Blok Pecahan pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 3 Nomor 1: 11-16.
Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. 2014. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Subarinah, Sri. 2010. Pendidikan Matematika Kelas Rendah. Mataram: Universitas Mataram.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuamtitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukayati dan Suharjana, Agus. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran di SD. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
52 Vol.