Pelatihan Pembuatan Akuarium Ikan Hias bagi Guru-Guru PAUD dan Lomba Mewarnai Biota Laut Kategori Kelas Terapi dalam Mendukung Pengembangan Media Pembelajaran Anak-Anak di PAUD St. Vincentius A. Paulo di Kota Kupang

Pelatihan Pembuatan Akuarium Ikan Hias bagi Guru-Guru PAUD dan Lomba Mewarnai Biota Laut Kategori Kelas Terapi dalam Mendukung Pengembangan Media Pembelajaran Anak-Anak di PAUD St. Vincentius A. Paulo di Kota Kupang

Penulis

Chaterina Agusta Paulus , Suprabadevi Ayumayasari Saraswati

DOI:

10.29303/jppi.v4i3.5345

Diterbitkan:

2024-10-01

Terbitan:

Vol 4 No 3 (2024): Indonesian Journal of Fisheries Community Empowerment

Kata Kunci:

Pendidikan Anak Usia Dini, media pembelajaran, PAUD ST. Vincentius A. Paulo, Kota Kupang, akuarium ikan hias, mewarnai biota laut, demonstrasi

Articles

Cara Mengutip

Paulus, C. A., & Saraswati, S. A. (2024). Pelatihan Pembuatan Akuarium Ikan Hias bagi Guru-Guru PAUD dan Lomba Mewarnai Biota Laut Kategori Kelas Terapi dalam Mendukung Pengembangan Media Pembelajaran Anak-Anak di PAUD St. Vincentius A. Paulo di Kota Kupang: Pelatihan Pembuatan Akuarium Ikan Hias bagi Guru-Guru PAUD dan Lomba Mewarnai Biota Laut Kategori Kelas Terapi dalam Mendukung Pengembangan Media Pembelajaran Anak-Anak di PAUD St. Vincentius A. Paulo di Kota Kupang. Jurnal Pengabdian Perikanan Indonesia, 4(3), 378–383. https://doi.org/10.29303/jppi.v4i3.5345

Abstrak

Pendidikan Anaka Usia Dini salah satu lembaga pendidikan yang dibentuk untuk mengembangkan kemampuan anak sejak usia dini. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan media pembelajaran yang sesuai agar anak-anak lebih aktif dan tidak bosan selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Agara media pembelajaran yang sesuia dapat diterapkan, makadiperlukan saran dan prasarana yang cukup. Namun kenyataannya masih banyak lembaga pendidikan anak usia dini yang mengalami masalah pendanaan untuk menerapkan media pembelajarn yang sesuai. Kegiatan ini dilakukan untuk membantu para guru PAUD ST. Vincentius A. Paulo di Kecamatan Oebobo, Kota Kupang dalam meningkatkan keterampilan dalam membuat akuarium ikan hias dan menjadi solusi agar penerapan media akuarium ikan hias sebagai salah satu media pembelajaran dapat terwujud. Metode yag dilakukan dalam kegiatan ini adalah pelatihan/demonstrasi/memperagakan secara langsung bagaimana cara membuat akuarium ikan hias yang terdiri dari dua tahap yaitu pembuatan akuarium ikan hias dan lomba mewarnai biota laut. Kegiatan PkM diharapkan dapat memberi manfaat antara kedua lembaga yang mana untuk pihak universitas dalam hal ini Prodi dapat dijadikan sebagai tolak ukur pengembangan tridharma perguruan tinggi dan untuk lembaga SDK STA Maria Assumpta dalam pengembangan mutu dan kualitas pendidikan anak SD.

Biografi Penulis

Chaterina Agusta Paulus, Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas NusaCendana

Suprabadevi Ayumayasari Saraswati, Program studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama