PELATIHAN PEMBUATAN AKUARIUM IKAN HIAS BAGI GURU-GURUPAUDDANLOMBA MEWARNAI BIOTA LAUT KATEGORI KELAS TERAPI DALAMMENDUKUNGPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANAK-ANAK DI PAUD ST. VINCENTIUSA. PAULO DI KOTA KUPANG

Pelatihan Pembuatan Akuarium Ikan Hias bagi Guru-Guru PAUD dan Lomba Mewarnai Biota Laut Kategori Kelas Terapi dalam Mendukung Pengembangan Media Pembelajaran Anak-Anak di PAUD St. Vincentius A. Paulo di Kota Kupang

Authors

Chaterina Agusta Paulus , Suprabadevi Ayumayasari Saraswati

DOI:

10.29303/jppi.v4i3.5345

Published:

2024-10-01

Issue:

Vol. 4 No. 3 (2024): Indonesian Journal of Fisheries Community Empowerment

Keywords:

Pendidikan Anak Usia Dini, media pembelajaran, PAUD ST. Vincentius A. Paulo, Kota Kupang, akuarium ikan hias, mewarnai biota laut, demonstrasi

Articles

Downloads

How to Cite

Paulus, C. A., & Saraswati, S. A. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN AKUARIUM IKAN HIAS BAGI GURU-GURUPAUDDANLOMBA MEWARNAI BIOTA LAUT KATEGORI KELAS TERAPI DALAMMENDUKUNGPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANAK-ANAK DI PAUD ST. VINCENTIUSA. PAULO DI KOTA KUPANG: Pelatihan Pembuatan Akuarium Ikan Hias bagi Guru-Guru PAUD dan Lomba Mewarnai Biota Laut Kategori Kelas Terapi dalam Mendukung Pengembangan Media Pembelajaran Anak-Anak di PAUD St. Vincentius A. Paulo di Kota Kupang. Indonesian Journal of Fisheries Community Empowerment, 4(3), 378–383. https://doi.org/10.29303/jppi.v4i3.5345

Abstract

Pendidikan Anaka Usia Dini salah satu lembaga pendidikan yang dibentukuntuk mengembangkan kemampuan anak sejak usia dini. Untuk mencapai tujuantersebut diperlukan media pembelajaran yang sesuai agar anak-anak lebihaktifdan tidak bosan selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Agara mediapembelajaran yang sesuia dapat diterapkan, makadiperlukan saran dan prasaranayang cukup. Namun kenyataannya masih banyak lembaga pendidikan anak usiadini yang mengalami masalah pendanaan untuk menerapkan media pembelajarnyang sesuai. Kegiatan ini dilakukan untuk membantu para guru PAUDST. Vincentius A. Paulo di Kecamatan Oebobo, Kota Kupang dalammeningkatkanketerampilan dalam membuat akuarium ikan hias dan menjadi solusi agarpenerapan media akuarium ikan hias sebagai salah satu media pembelajarandapat terwujud. Metode yag dilakukan dalam kegiatan ini adalahpelatihan/demonstrasi/memperagakan secara langsung bagaimana cara membuatakuarium ikan hias yang terdiri dari dua tahap yaitu pembuatan akuariumikanhiasdan lomba mewarnai biota laut. Kegiatan PkM diharapkan dapat memberimanfaat antara kedua lembaga yang mana untuk pihak universitas dalamhal iniProdi dapat dijadikan sebagai tolak ukur pengembangan tridharma perguruantinggi dan untuk lembaga SDK STA Maria Assumpta dalam pengembanganmutudan kualitas pendidikan anak SD.

Author Biographies

Chaterina Agusta Paulus, Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas NusaCendana

Suprabadevi Ayumayasari Saraswati, Program studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana