JPSDM VOL.4.NO.2 JUNI 2025 ENTREPRENURIAL MOTIVATION DAN SELF-EFFICACY TERHADAP ENTREPRENEURIAL INTENTION DENGAN ACADEMIC CLIMATE SEBAGAI VARIABEL MODERATING : Kasus Pada Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Mataram

Penulis

  • Nisa Cahyani FEB Unram
  • Abdul Aziz Bagis FEB Unram

Kata Kunci:

entrepreneurial motivation, self-efficacy, academic climate, entrepreneurial intention

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi entrepreneurial intention. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris entrepreneurial motivation dan self-efficacy terhadap entreprenurial intention dengan academic climate menjadi variable moderating. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden yang merupakan mahasiswa S1 manajemen universitas mataram. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 90 responden. Analisis data yang digunakan adalah teknik moderated Regression Analysis (MRA). Analisis linier berganda digunakan untuk melakukan analisis hubungan antara variabel independen dan dependen. Dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis linier berganda dengan teknik backward elimination menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil analisis statistik pada penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) variabel entrepreneurial motivation berpengaruh positif terhadap entrepreneurial intention. 2) Variabel self-efficacy tidak berpengaruh terhadap entrepreneurial intention. 3) Variabel academic climate sebagai variabel moderat pada hasil analisis berpengaruh negatif  dalam pengaruh entrepreneurial motivation terhadap entrepreneurial intention. 4) Variabel academic climate sebagai variabel moderat pada hasil analisis berpengaruh positif dalam pengaruh self-efficacy terhadap entrepreneurial intention pada mahasiswa S1 Manajemen Universitas Mataram. This research was conducted to determine the factors that can influence entrepreneurial intention. This research aims to empirically test entrepreneurial motivation and self-efficacy on entrepreneurial intention with academic climate as a moderating variable. This research uses primary and secondary data obtained through distributing questionnaires to respondents, who are undergraduate management students at Mataram University. The population in this study amounted to 90 respondents. The data analysis used is the moderated regression analysis (MRA) technique. Multiple linear analysis is used to analyze the relationship between independent and dependent variables. This research was carried out using multiple linear analysis with backward elimination techniques using SPSS 25 for windows. The results of statistical analysis in this study show that : 1)  the entrepreneurial motivation variable has a positive effect on entrepreneurial intention. 2) The self-efficacy variable has no effect on entrepreneurial intention. 3) The academic climate variable as a moderating variable in the analysis results has a negative effect on the influence of entrepreneurial motivation on entrepreneurial intention. 4) The academic climate variable as a moderating variable in the analysis results has a positive influence on the influence of self-efficacy on entrepreneurial intention among undergraduate management students at Mataram University

Diterbitkan

2025-06-04