JPSDM Vol.4 No. 2 Juni 2025 PENGARUH KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASI, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN PT PLN (PERSERO) UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN (UP3) MATARAM

Penulis

  • MELVA AL ZHIRA Universitas Mataram
  • Mukmin Suryatni

Kata Kunci:

Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Budaya Organisasi, Organizational Citizenship Behvior

Abstrak

Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis dan mengetahui signifikansi pengaruh dari kepuasan kerja, komitmen organisasi, dan budaya organisasi terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel dependent (organizational citizenship behavior) dan variabel independent (kepuasan kerja, komitmen organisasi, dan budaya organisasi). Adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 40 orang pegawai yang diperoleh dari teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dan penyebaran kusioner. Analisis menggunakan teknik analisis Regresi Linier Berganda yang dibantu dengan SPSS 25 for Windows. Dari hasil analisis, disimpulkan bahwa ; (1) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior, (2) komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior, (3) budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior.

Diterbitkan

2025-06-03